Bos Abu Tours Bungkam soal Dana

Penulis: (LN/RF/DW/N-2) Pada: Jumat, 23 Mar 2018, 02:00 WIB Nusantara
Bos Abu Tours Bungkam soal Dana

Antara

HAMZAH Mamba memilih bungkam soal dana Rp1 triliun yang masuk ke rekeningnya. CEO PT Amanah Bersama Umat yang mengelola Abu Tours itu justru mengalihkan pembicaraan pada pemberangkatan calon jemaah umrah. “Kita jangan bahas dulu soal itu. Saat ini kita fokus saja dulu pada soal pemberangkatan jemaah. Kan sudah banyak jemaah yang sudah kita berangkatkan,” tutur Hamzah, seusai diperiksa di Kantor Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, di Makassar, Kamis (22/3).

Penyidik meminta keterangan Hamzah sebagai saksi selama 18 jam. Penyidikan mengarah pada dugaan penipuan dan penggelapan uang jemaah umrah yang telanjur disetor ke kas Abu Tours.  Setelah mengelak soal uang, Hamzah menolak bertanggung jawab atas telantarnya 100 jemaah Abu Tours asal Makassar, di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia. Mereka harus menunggu berjam-jam di bandara dalam perjalanan pulang ke Tanah Air.

“Itu tanggung jawab vendor. Kami bekerja sama dengan vendor karena banyak jemaah yang ingin cepat berangkat,” kilahnya. Ia mengakui perjalanan para jemaah yang telantar itu menjadi pelajaran baginya. “Sekarang semua saya ambil alih karena takut ada masalah lagi.”
Abu Tours berkantor pusat di Makassar dan membuka cabang di Sumatra Selatan dan Bangka Belitung. Dari laporan yang didapat kepolisian, korban di Sulawesi Selatan mencapai 50 ribu jemaah, dengan total kerugian mencapai Rp1 triliun, di Palembang 8.500-an jemaah dengan kerugian Rp106 miliar, dan di Bangka Belitung 52 jemaah.

Setelah keresahan melanda para calon jemaah umrah, manajemen Abu Tours ngotot bisa memberangkatkan mereka. Namun, perusahaan itu mensyaratkan pembayaran lagi dari jemaah yang besarnya bervariasi, Rp6 juta-Rp15 juta.  “Tidak masuk akal. Dengan setor Rp15 juta, berarti kami membayar total Rp30 juta,” kata Nurfatmawati, jemaah di Makassar.

Meski bisa memberangkatkan jemaah, Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Dicky Sondani, menyatakan penyidikan kasus tetap berlanjut. “Kapolda juga meminta kasus ini ditangani hati-hati karena korbannya banyak.”  Di Pangkalpinang, Kapolda Bangka Belitung

Brigjen Syaiful Zachri mengaku belum ada korban Abu Tours yang melapor. “Korbannya ada, tapi kami belum bisa bertindak karena tidak ada yang melapor ke polisi.” (LN/RF/DW/N-2)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More