Suku Bunga Acuan AS Resmi Naik 25 Bps

Penulis: Fetry Wuryasti Pada: Kamis, 22 Mar 2018, 10:57 WIB Ekonomi
Suku Bunga Acuan AS Resmi Naik 25 Bps

AFP

BANK sentral AS , Federal Reserve (The Fed) telah membuat keputusan menerapkan kebijakan moneter yang diumumkan oleh Komite Pasar Terbuka Federal atau Federal Open Market Committee (FOMC), dalam pernyataannya pada 21 Maret 2018, waktu setempat. Suku bunga acuan AS resmi naik 25 basis poin.

Dewan Gubernur Federal Reserve System dengan suara bulat menaikkan suku bunga yang dibayarkan pada saldo cadangan wajib dan berlebih hingga 1,75 persen, efektif 22 Maret 2018.

Suku bunga The Fed atau biasa disebut Federal Funds Rate (FFR) yang berpengaruh menentukan suku bunga properti, kartu kredit dan pinjaman lainnya, sekarang berada pada kisaran 1,5-1,75 persen dari semula pada rentang 1,25-1,5 persen.

The Fed juga mengisyaratkan dapat mengerek bunga acuan pada kecepatan yang sedikit lebih agresif pada tahun-tahun mendatang untuk menjaga penguatan ekonomi secara stabil.

"Efektif 22 Maret 2018, Komite Pasar Terbuka Federal mengarahkan untuk melakukan operasi pasar terbuka yang diperlukan untuk mempertahankan tingkat suku bunga federal dalam kisaran target 1,5 -1,75 persen, termasuk untuk suku bunga overnight dengan tingkat penawaran 1,50 persen, dalam jumlah yang terbatas hanya dengan nilai sekuritas Treasury yang diadakan langsung dalam Sistem Terbuka Akun Pasar yang tersedia untuk operasi semacam itu dan dengan batas per-counterparty sebesar $ 30 miliar per hari, " demikian ujar Komite, dikutip dari situs Federal Reserve, Kamis (22/3). (X-2)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More