5 Bahan Alami untuk Meredakan Ngilu Akibat Gigi Sensitif

Penulis: Medcom Pada: Kamis, 22 Mar 2018, 11:00 WIB Kesehatan
5 Bahan Alami untuk Meredakan Ngilu Akibat Gigi Sensitif

Ilustrasi

NGILU akibat gigi sensitif bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena makanan. Bagi Anda yang memiliki gigi sensitif, berikut adalah beberapa bahan makanan untuk bantu redakan ngilu akibat gigi sensitif, dilansir dari The Health Site.

1. Soda kue
Kandungn pH yang rendah dapat merusak enamel gigi sehingga menyebabkan gigi sensitif. Soda kue dapat meningkatkan pH dan membantu menetralkan pH asam yang dibuat oleh bakteri di dalam mulut. Berkumurlah dengan soda kue yang telah dicampur air untuk mengobati ngilu.

2. Minyak mustar dan garam batu

Garam batu memiliki sifat antibakteri dan membantu meredakan sensitivitas gigi. Sementara, minyak mustar memperkuat gusi dan dapat membantu menghilangkan kepekaan yang disebabkan oleh resesi gusi. Campurkan satu sendok teh garam batu dengan satu sendok teh minyak mustard, dan oleskan sambil pijat perlahan gigi dan gusi. Biarkan selama 5 menit dan bilas mulut dengan air suam-suam kuku.

3. Minyak cengkeh

Cengkeh yang kaya antioksidan memiliki sifat antiinflamasi, anti bakteri dan anestesi. Ramuan kuno ini membantu melawan infeksi dan meringankan sakit gigi. Mengoleskan minyak cengkeh secara langsung pada gigi bisa juga membantu meredakan sensitivitas gigi.

4. Garam

Berkumur dengan segelas air yang  telah dicampur 2 sendok teh garam dapat membantu membersihkan gigi secara keseluruhan dan  mengobati gigi sensitif.

5. Minyak wijen

Mengasapkan minyak wijen di sekitar mulut akan meredakan gigi sensitif karena membunuh bakteri di mulut dan membantu mineralisasi ulang email gigi. Selain itu, kebiasaan tersebut juga dapat memperkuat gusi dan bisa menghilangkan sensitivitas gigi akibat gusi menurun. (DEV/OL-8)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More