Waspada Alat Pencuri Data Kartu Bayar di Mesin ATM

Penulis: Amaluddin Pada: Rabu, 21 Mar 2018, 19:15 WIB Nusantara
Waspada Alat Pencuri Data Kartu Bayar di Mesin ATM

ANTARA

ALAT yang digunakan untuk mencuri data kartu bayar di anjungan tunai mandiri (ATM) atau skimming berbentuk segi empat. Ukuran panjangnya kurang lebih 3 sentimeter. Warnanya perak. Teksturnya tipis dan bening. Alat itu ditemukan menempel di mulut mesin ATM.

Alat itu ditemukan di sebuah mesin ATM di kawasan perkantoran Graha Pena di Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Senin (19/3). Alat itu ditemukan di mulut mesin ATM, tempat kartu bayar masukkan. Fungsi kartu untuk memindai data pada kartu bayar.

"Ketika nasabah memasukkan atau menggesek kartu ATM, pasti akan melalui alat pendeteksi tersebut. Nah, alat itu memindai dan merekam informasi pada kartu bayar," ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, di Surabaya, Rabu (21/3).

Data itu langsung terkirim dengan komputer pelaku. Kemudian pelaku memanfaatkan informasi itu untuk memindahkan uang dari rekening korban.

"Maka itu kita harus waspada. Sebelum memasukkan ATM ke lubang ATM, sebaiknya melihat lubang itu terlebih dahulu apakah ada yang nyangkut atau ada yang janggal, maka segeralah melapor ke petugas keamanan," lanjut Frans.

Sementara itu, lokasi penemuan alat terletak di kawasan ramai. Pantauan Medcom.id, lokasinya tak jauh dari sebuah kantor media ternama di Jatim. Suasananya hampir tak pernah sepi.

"Kalau di tempat keramaian saja ditemukan alat itu, artinya polisi dan masyarakat harus saling waspada," ujar Frans. (Medcom/OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More