Ini Tips Polisi Hindari Pembobolan ATM

Penulis: Agus Utantoro Pada: Rabu, 21 Mar 2018, 17:25 WIB Nusantara
Ini Tips Polisi Hindari Pembobolan ATM

MI/Agus Utantoro

MODUS kejahatan pencurian dana nasabah melalui mesin-mesin anjungan tunai mandiri (ATM) terus berkembang. Sehingga, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan.

"Masyarakat agar lebih berhati-hati karena marak modus pencurian uang melalui ATM akhir-akhir ini," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kombes Hadi Utomo di Mapolda DIY.

Ia mengemukakan, jika terjadi sesuatu yang mencurigakan terhadap mesin ATM termasuk gangguan saat bertransaksi, masyarakat diharap segera menghubungi petugas perbankan serta menunda transaksi.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak terburu-buru menghubungi nomor call center yang tertempel di mesin ATM. Sebab, call center resmi sudah tertera di kartu ATM. Karena itu, masyarakat diminta mencatat sendiri call center bank.

"Jika mesin ATM mengalami gangguan atau transaksi belum berlangsung dan uang masih tersimpan, sehingga sebaiknya langsung ke bank atau menghubungi call center yang asli atau membatalkan transaksi," jelasnya.

Masyarakat, imbuh dia, juga disarankan tidak menerima tawaran orang yang tidak dikenal yang menawarkan bantuan saat ATM bermasalah, meski orang tersebut mengenakan seragam bank.

Polda DIY telah menangkap 17 tersangka pembobol uang nasabah melalui mesin ATM dengan cara mengganjal mesin lubang ATM dengan menggunakan tusuk gigi. "Mereka ditiangkap di lima lokasi berbeda," katanya.

Sebagian pelaku, jelas dia, mengenakan baju menyerupai seragam pegawai bank saat beroperasi. Kemudian, mereka berpura-pura membantu menukarkan kartu milik korban dengan kartu palsu.

Hadi menjelaskan, pelaku juga meminta korban menghubungi nomor call center palsu yang sudah ditempel di mesin ATM. Selanjutnya pihak yang dihubungi meminta data pribadi milik korban seperti nomor PIN hingga nama ibu kandung.

"Jadi jangan memberikan nomor PIN kepada siapa pun," katanya. (A-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More