Pemerintah segera Terbitkan Keppres Cuti Bersama PNS

Penulis: Micom Pada: Jumat, 16 Mar 2018, 23:58 WIB Politik dan Hukum
Pemerintah segera Terbitkan Keppres Cuti Bersama PNS

Antara

MESKI sudah ada Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri mengenai Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018, pemerintah akan menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) yang mengatur cuti bersama bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Rini Widyantini, mengatakan, penentuan tanggal cuti bersama Lebaran 2018 ditentukan melalui keputusan tiga Menteri, yakni Menpan-RB, Menteri Agama, dan Menteri Ketenagakerjaan.

SKB dimaksud adalah SKB Nomor 707 Tahun 2017, No 256/2017, dan No 01/SKB/MENPAN-RB/09/2017 yang ditetapkan pada 22 September 2017 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018.

Adapun SKB tiga Menteri itu, selain berlaku bagi pegawai swasta, TNI, dan Polri, juga berlaku bagi PNS.

Namun, Rini menyatakan mengacu Peraturan Pemerintah (PP) No 11/2017 tentang Manajemen PNS, cuti bersama bagi PNS ditetapkan dengan Keppres. Untuk itu, Kemenpan-RB, kata dia, tengah menyusun rancangan Keppres tersebut.

"Rancangan Keppres mengenai cuti bersama bagi PNS tahun 2018 sudah kami serahkan kepada Presiden. Peraturan itu, juga menetapkan bahwa cuti bersama tidak memotong cuti tahunan PNS," ujar Rini dikutip dari laman resmi Kemenpan-RB, Jumat (16/3).

Ia menjelaskan, Keppres yang diharapkan segera ditandatangani Presiden itu, tidak mencabut SKB tiga menteri, karena Keppres itu hanya berlaku bagi PNS.

Libur dan cuti bersama 2018 untuk pegawai swasta, TNI, dan Polri tetap mengacu pada SKB tiga menteri, sebanyak 21 hari, terdiri atas 16 hari libur nasional 2018, dan 5 hari cuti bersama. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More