Datsun Cross Tampil Lebih Gagah

Penulis: (Sto/S-1) Pada: Kamis, 15 Mar 2018, 00:15 WIB Otomotif
Datsun Cross Tampil Lebih Gagah

DOK. DATSUN

AWAL 2018 pasar otomotif di kelas low cost green car (LCGC) kehadiran Datsun Cross. Penampilan Cross lebih gagah daripada generasi sebelumnya, dengan tinggi 1.560 mm, lebar 1.670 mm panjang 3995 mm, jarak sumbu roda 2.450 mm, serta radius putar 4,6 m. Satu lagi, down clearance 200 mm menambah daya pikat Cross karena menyerupai SUV yang lebih besar.

Kenyamanan Datsun Cross didukung dengan struktur Xtronic Cvt yang inovatif dengan gearbox tambahan. Nobuyuki Kawai, Datsun Chief Vehicle Engineer dan Datsun Business Unit, Nissan Motor Co, Ltd menerangkan Xtronic Cvt memberikan tiga manfaat utama bagi pengendara, yakni kehalusan berkendara, efisiensi bahan bakar, dan akselerasi yang responsif. "Transmisi step less ini memungkinkan peralihan gigi yang mulus dalam kemacetan lalu lintas. Rasio giginya yang lebar bermanfaat ketika berkendara di jalanan di Indonesia dan dapat menghemat bahan bakar karena rasio yang lebar tersebut mampu bekerja pada rpm mesin yang paling efisien," terang Kawai.

Selain itu, Datsun Cross memiliki sistem vehicle dinamic control (VDC). Sistem ini akan menjamin kelincahan suspensi untuk membantu pengendara dalam mengendalikan mobil sehingga berkendara menjadi lebih aman. Fungsi VCD akan dapat dirasakan apabila kendaraan melewati rute jalan basah dengan tikungan yang cukup tajam. Hal itu juga telah dibuktikan ketika Media Indonesia melakukan test drive di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat, Kamis (8/3).

Uji coba dilakukan di trek proving ground yang dirancang menyerupai kondisi berkendara yang sesungguhnya di Indonesia, termasuk jalur lurus dan menikung serta jalanan yang datar dan bergelombang.

Pada saat dijajal di trek bergelombang dengan kecepatan sekitar 40 km/jam, sistem suspensi Datsun Cross bekerja sempurna dengan respons tinggi dalam meredam guncangan sehingga menempatkan pengendara pada perasaan linear.
Hal itu tidak lepas karena shock absorber dipasang pada kedua sisi untuk memberikan respons yang tinggi, yang membantu pengendara menjaga kestabilan gerakan kendaraan. "Penyetelan suspense depan dan belakang yang seimbang menciptakan gerakan linear yang membuat penumpang merasa nyaman saat mobil melaju di jalan yang bergelombang," imbuh Kawai.

Seperti mobil modern lain, Datsun Cross sudah dilengkapi dengan sensor parkir dan audio yang sudah menggunakan teknologi screen touch. Tak ketinggalan, ada tambahkan lebih banyak insulasi sehingga kabin menjadi tenang dan menciptakan rileks berkendara.
Datsun Cross di Indonesia dihadirkan dalam dua varian, yakni manual transmission yang dibanderol dengan harga kisaran Rp161 juta dan continuously variable transmission dibanderol dengan harga kisaran Rp174 juta.

Datsun Cross ditawarkan dengan tujuh warna yang elegan dan dinamis. Selain warna yang sudah ada, silver, black, gray, dan white, ada tiga warna tambahan yang mencolok dan tampil beda, yakni copper, ruby, dan amber yang terkesan cocok untuk anak muda yang dinamis.(Sto/S-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More