Melongok Fasilitas Mewah Pabrik Mercedes-Benz

Penulis: (Gnr/S-1) Pada: Rabu, 14 Mar 2018, 23:47 WIB Otomotif
Melongok Fasilitas Mewah Pabrik Mercedes-Benz

MI/GHANI NURCAHYADI

Siapa pun pasti mengenal mobil dengan logo bintang tiga sudut ini. Ya, itulah mobil merek Mercedes-Benz yang di kalangan awam sering disebut sebagai mobil Mercy. Mobil premium asal Jerman itu ternyata sudah mengaspal lebih dari 100 tahun di Indonesia saat Susuhunan Keraton Surakarta Pakubuwono X menggunakannya pada 1894. Meski sudah mengaspal sebelum Indonesia merdeka, Mercedes-Benz baru menyambut hangat keinginan publik Indonesia mengendarai mobil yang sempat tenar dengan nama Baby-Benz itu pada 1978 dengan membuka pabrik perakitan di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat, yang terus bertahan hingga kini.

Media Indonesia bersama dengan sejumlah media lain dan komunitas pengguna Mercedes-Benz pun berkesempatan melongok fasilitas mewah pabrik seluas 42 hektare itu, Jumat (9/3). Pabrik yang berada di jalan yang dikenal masyarakat sekitar sebagai Jalan Mercedes-Benz itu kini tercatat memproduksi enam model mobil penumpang.

CEO of PT Mercedes-Benz Indonesia, Gunter Hafele, yang menyambut kami di Wanaherang, mengatakan keenam model yang saat ini dirakit di fasilitas tersebut ialah C-Class, E-Class, S-Class, GLC, GLE, dan GLS. "Lebih dari 70% kendaraan penumpang Mercedes-Benz yang terjual di Indonesian adalah produksi pabrik di Wanaherang," katanya.

Selain jajaran kendaraan penumpang, pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang merakit kendaraan komersial berupa truk dan bus. Bila pada fasilitas perakitan kendaraan penumpang di gedung delapan disediakan dua jalur perakitan, pada fasilitas kendaraan niaga di gedung enam disediakan satu jalur perakitan yang saat ini bisa memproduksi sekitar tujuh kendaraan per hari.

Seluruh proses perakitan berlangsung secara presisi di Wanaherang karena selain menggunakan 'tangan manusia', juga menggunakan bantuan teknologi mutakhir untuk memastikan ketepatan dan keandalan pemasangan partisi kendaraan yang sebagian diimpor dari Jerman dan Amerika Serikat tersebut.

Pabrik Wanaherang juga dilengkapi dengan Pusat Persiapan dan Logistik Kendaraan Terpadu yang telah mengantongi sertifikat ramah lingkungan dari pemerintah, yaitu Proper Blue dan ISO 14001 Enviromental Management System berstandar internasional.
Dalam perencanaan ke depan, CEO dan President PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Roelof Lamberts, mengatakan fasilitas di Wanaherang juga akan disiapkan untuk bisa merakit jajaran kendaraan plug-in hybrid Mercedes-Benz yang menggunakan brand EQ. Pembicaraan soal itu terus berlangsung dengan pemerintah.

"Yang pasti April nanti kami membawa salah satu model dari EQ Brand ke Indonesia. Kami harus siap jika saatnya datang untuk kendaraan listrik," kata Lamberts. (Gnr/S-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More