Persiapan Mudik, Sebagian Tol Masih Bersifat Fungsional

Penulis: Akhmad Safuan Pada: Rabu, 14 Mar 2018, 14:33 WIB Nusantara
Persiapan Mudik, Sebagian Tol Masih Bersifat Fungsional

ANTARA

TOL Trans Jawa Jakarta-Surabaya sebagian besar sudah dapat beroperasional saat arus mudik lebatan 2018 mendatang. Namun beberapa ruas masih bersifat fungsional dengan kondisi lebih baik dari jalur mudik tahun sebelumnya.

Pemantauan Media Indonesia di pantura, Rabu (14/3), pembangunan jalsn Tol Trans Jawa di pantura sepanjang Pemalang-Semarang terus dikebut, memasuki tahap kontruksi sebagian sudah selesai pengecoran dan sebagian lagi masih dalam tahap pengecoran, pengerasan dan pengecoran dasar.

Meskipun Menteri PUPR menyatakan seluruh tol dapat selesai sesuai target dan dapat dilintasi pemudik lebaran 2018 mendatang, bukan berarti jalan Tol Trans Jawa Jakarta- Surabaya sudah selesai secara keseluruhan, karena beberapa ruas diperkirakan masih bersifat fungsional.

"Meskipun fungsional namun kondisinya jauh lebih baik dari saat mudik tahun lalu yang masih bersifat bersifat darurat," kata Menteri Basuki Hadimuljono, Rabu (13/3).

Akhir Mei mendatang ruas Penjagan-Gandulan (Pemalang) sudah dapat beroperasional dan saat ini sudah srluruh kontruksi sudah selesai dan
tinggal penyelesaian pekerjaan yang tersisa yakni sarana dan prasarana pendukung seperti marka jalan, rambu dan penerangan.

Sementara ruas Pemalang-Semarang sebagian sudah memasuki tahap kontruksi baik badan jalan maupun jembatan. Pengecoran juga sudah sebagian selesai dan sebagian lain baru tahap pengerasan dan pengecoran dasar, sehingga diperkirakan pada ruas ini baru bersifat fungsional saat arus mudik lebaran Juni mendatang.

Pada ruas Pemalang-Batang sepanjang 39 kilometer baru yerselesaikan sekutar 60% dan diperkirakan baru akan terselesaikan pada akhir 2018 mendatang, demikian juga pada ruas Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer juga telah mulai pada tahap kontruksi.

"Akhir MaRet ini kontruksi jembatan Kalikuto sepanjang 160 meter di perbatasan Batang-Kendal baru selesai," kata seorang pengawas pembangunan tol saat ditemui, Rabu (14/3).

Setelah pekerjaan kontruksi jembatan selesai, lanjutnya, selanjutnya akan memasuki tahap pemasangan girder dan plat baja, sehingga pekerjaan jembatan diperkirakan rampung akhir Mei bersamaan selesainya pembangunan ruas jalan lainnya.

Jalur tol funggsional lainnya saat arus mudik lebaran juga akan diberlakukan pada ruas Salatiga-Solo. Pekerjaan kontruksi jembatan Kenteng di ruas Salatiga-Kartosuro sepanjang 464 meter juga masih terus berlangsung meskipun akhir Mei mendatang diperkirakan baru rampung.

Meskipun bersifat fungsional, namun ruas jalan tol Trans Jawa tersebut diperkirakan jauh lebih baik dibanding saat mudik tahun lalu yang masih
berdebu saat dilintasi. Seluruh jalan telah sampai pada tahap pengecoran dan untuk ruas yang masih berupa cor dasar akan dilapisi aspal.

"Jalannya aspal itu sampai at the bottom, tapi belum sampai wearing, meskipun masih fungsional tapi lebih baik dari saat mudik tahun lalu berupa lean concrete," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.

Secara terpisah Kepala Polda Jateng Irjen Condro Kirono menyambut baik dengan telah dapat dilintasinya jslan tol sast mudik lebaran 2018
mendatang, meskipun srbagian masih bersifat fungsional namun kondisinya sudah sangat layak untuk dilintasi dan tidak berdebu seperti saat masih menjadi jalur darurat.

Dengan beroperasinya jalan tol dan sebagian fungsional, demikuan Condro Kirono, kemacetan lalulintas saat arus mudik lebaran dapat terkurangi.

"Seluruh jajaran akan segera dikoordinasikan, sehingga akan ada skema baru pengaturan kendaraan dengan berfungsinya tol Trans Jawa ini," tambahnya. (OL-4)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More