RI dan Rusia Sepakat Solusi Dua Negara Terbaik untuk Palestina-Israel

Penulis: Anastasia Arvirianty Pada: Rabu, 14 Mar 2018, 10:33 WIB Internasional
RI dan Rusia Sepakat Solusi Dua Negara Terbaik untuk Palestina-Israel

MI/PANCA SYURKANI

MENTERI Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Menteri Luar Negeri Rusia Serge Lavrov menyepakati bahwa solusi dua negara (two state solution) merupakan solusi terbaik untuk perdamaian Palestina.

“Kami berdua setuju dengan solusi dua negara untuk perdamaian (Palestina-Israel) dan kami mendorong seluruh partisipan untuk berkontribusi dalam membuat lingkungan kondusif agar tercapainya perdamaian," ucap Retno melalui siaran resmi yang diterima Media Indonesia, Selasa (13/3).

Lebih lanjut, dalam siaran berbentuk video tersebut, Retno juga menyampaikan kesepakatan lainnya, yakni terkait dana untuk pengungsi yang diurus oleh lembaga penanggulangan pengungsi milik PBB (UNRWA), dan pentingnya untuk terus mendukung UNRWA dalam membantu para pengungsi.

Kesepakatan juga tidak hanya dalam bidang kemanusiaan saja, tetapi juga dalam memperkokoh kerja sama di bidang ekonomi.

Saat ini, total perdagangan kedua negara mencapai sekitar US$2.5 miliar atau naik sekitar 19.7% dari 2016. Namun, Retno menilai angka tersebut masih jauh dari potensi kedua negara.

Retno menuturkan Indonesia menghargai perlakuan adil terhadap produk kelapa sawit Indonesia untuk masuk pasar Rusia.

“Sekitar 80% kebutuhan kelapa sawit Rusia berasal dari Indonesia dan sekitar 40% ekspor Indonesia ke Rusia adalah kelapa sawit. Karenanya, saya berharap ekspor kelapa sawit ini bisa berjalan lancar tanpa suatu hambatan,” pungkasnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More