Mantan Presiden Korsel Diperiksa Terkait Korupsi

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Rabu, 14 Mar 2018, 09:25 WIB Internasional
Mantan Presiden Korsel Diperiksa Terkait Korupsi

AFP/KIM HONG-JI

MANTAN Presiden Korea Selatan (Korsel) Lee Myung-bak, Rabu (14/3), datang ke kantor kejaksaan untuk diperiksa terkait kasus korupsi. Dia pun meminta maaf karena tersangkur kasus tersebut.

Tudingan korupsi dialamatkan kepada kerabat dan ajudan mantan presiden yang menjabat antara 2008 dan 2013 itu setelah selama beberapa pekan terakhir kejaksaan menyelidiki kasus dugaan suap bernilai jutaan dolar.

Keputusan kejaksaan untuk menyelidiki Lee berarti seluruh mantan presiden Korsel yang masih hidup tersangkut kasus kriminal.

"Saya berada di sini dengan berat hati," Lee saat tiba di kantor kejaksaan di Seoul setelah melakukan perjalanan dari kediamaiannya.

"Saya meminta maaf karena membuat kegundahan di tengah masyarakat," imbuhnya.

Lee yang didampingi kuasa hukumnya diterima oleh seorang jaksa senior. Dia dijamu teh sebelum kemudian diantar ke ruang periksa 1001, ruang yang juga digunakan untuk memeriksa secara maraton penerus Lee, Park Geun-hye.

Mantan presiden itu dijadwalkan diperiksa selama sekitar 20 jam dengan jaksa telah mempersiapkan pertanyaan setebal 120 halaman terkait 20 dugaan pelanggaran.

"Kami akan memperlakukan mantan presiden itu dengan hormat namun kami akan tetap melakukan pemeriksaan dengan seksama dan transparan," tegas seorang jaksa senior.

Lee kemungkinan besar diizinkan pulang setelah pemeriksaan. Namun, kejaksaan kemungkinan besar akan meminta pengadilan untuk mengeluarkan surat perintah penahanan. (AFP/OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More