Protes Kekerasan Senjata Api, Pelajar AS akan Walkout

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Rabu, 14 Mar 2018, 08:34 WIB Internasional
Protes Kekerasan Senjata Api, Pelajar AS akan Walkout

AFP/OLIVIER DOULIERY

SATU bulan setelah seorang pemuda berusia 19 tahun melepaskan tembakan di sebuah sekolah di Florida dan menewaskan 17 orang, puluhan ribu pelajar Amerika Serikat (AS) akan melakukan walkout dari kelas mereka sebagai bentuk penghormatan bagi para korban.

Aksi 'National School Walkout' akan dilakukan pada Rabu (14/3) pukul 10.00 waktu setempat atau 21.00 WIB dan akan berlangsung selama 17 menit, sesuai dengan jumlah korban tewas dalam peristiwa penembakan pada Hari Valentine di Parkland.

Aksi untuk menghormati korban tewas di SMA Marjory Stoneman Douglas itu juga dilakukan sebagai bentuk protes atas kekerasan senjata api yang menghantui AS dengan jumlah korban tewas akibat kekerasan itu mencapai 30 ribu orang per tahun.

Penyelenggara aksi itu berasal dari kelompok yang sama yang menggelar Women's March yang pada Januari 2017 sukses mengumpulkan jutaan orang untuk menggelar aksi saat pelantikan Presiden AS Donald Trump.

Mereka yang mendukung aksi itu dengan menggunakan tagar #Enough di media sosial mendesak pemerintah untuk memperluas sistem pengecekan latar belakang untuk pembeli senjata api serta melarang penjualan senapan serbu.

Pelaku penembakan di Parkland, Nikolaz Cruz, 19, menggunakan senapan serbu AR-15. Jaksa Florida berencana memastikan Cruz diganjar hukuman mati atas 17 dakwaan pembunuhan. (AFP/OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More