Zumi Zola Janji Bersaksi di Pengadilan Tipikor

Penulis: SL/P-3 Pada: Rabu, 14 Mar 2018, 08:33 WIB Polkam dan HAM
Zumi Zola Janji Bersaksi di Pengadilan Tipikor

Gubernur Jambi Zumi Zola -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

GUBERNUR Jambi Zumi Zola akan diperiksa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jambi sebagai saksi terkait dengan perkara uang ketuk palu dalam pengesahan RAPBD 2018. Permintaan menghadirkan Zumi Zola disampaikan tim jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Untuk hari Rabu, kami akan menghadirkan Zumi Zola sebagai saksi," kata jaksa Feby Diandos seusai persidangan di Pengadilan Tipikor Jambi, Senin (12/3) malam.

Mantan artis itu akan bersaksi untuk tiga terdakwa, yaitu Erwan Malik (mantan Plt Sekda Jambi), Syaifuddin (mantan Asisten III Bidang Aministrasi Setda Jambi), dan Arpan (mantan Plt Kadis PUPR Jambi). Kesaksian Zumi diperlukan untuk mempertajam ke-terangannya yang sudah dituangkan di BAP.

Sesuai permintaan tim penasihat hukum ketiga terdakwa, tiga saksi yang sebelumnya sudah diperiksa, yakni Wakil Ketua DPRD Syahbandar dari Partai Gerindra, Asrul Pandapotan (teman dekat Zola), dan Amidi Kepala Perwakilan Kantor Jambi di Jakarta, juga bakal dihadirkan hari ini.

Ketiganya perlu dihadirkan karena keterangan mereka di persidangan berbeda dengan pengakuan dalam BAP Zumi Zola di KPK.

Sementara itu, jaksa KPK Feby Diandos mengatakan surat panggilan ke Zumi Zola sudah disampaikan Rabu pekan lalu. "Zumi Zola dipastikan akan menjadi saksi di persidangan nanti untuk terdakwa Erwan Malik, Arpan, dan Syaifuddin yang merupakan mantan bawahannya," terang Feby.

Sementara itu, Zumi Zola membenarkan adanya surat panggilan atas dirinya untuk diperiksa sebagai saksi dalam persidangan kasus suap uang ketuk palu di Pengadilan Tipiko Jambi, hari ini. Zumi Zola menyatakan akan datang memenuhi panggilan itu.

"Saya akan hadir," tegas dia.

Terkait dengan sidang pemeriksaan saksi yang berlangsung sepanjang Senin, Ketua DPRD Jambi Cornelis Buston mengatakan tidak menerima uang ketuk palu. Namun, ia mengakui adanya permintaan uang ketuk palu untuk pengesahan RAPBD Jambi 2018.

Mengenai pengesahan RAPBD 2018, Cornelis dari Partai Demokrat juga membenarkan sejumlah pimpinan dewan dalam pertemuan bersama pihak eksekutif di ruang kerjanya meminta-minta proyek, termasuk fee sebesar 2% atas proyek multiyears pembangunan jalan layang di Kota Jambi yang bernilai Rp100 miliar lebih.

Saksi lainnya ialah dua Wakil Ketua DPRD Jambi, yakni Zoerman Manap dari Golkar dan Chumaidi Zaindi dari PDIP. Hadir pula Ketua Fraksi Gerindra Muhamadiyah, Ketua Fraksi PKB Sofyan Ali, Ketua Fraksi PDIP Zainul Arfan, dan Ketua Fraksi Bintang Keadilan Rudi Wijaya.(SL/P-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More