Nepal Bingung Landasan Pacu, Pesawat Jatuh

Penulis: Administrator Pada: Rabu, 14 Mar 2018, 07:40 WIB Internasional
Nepal Bingung Landasan Pacu, Pesawat Jatuh

AFP

BERDASARKAN rekaman percakapan yang ditemukan dari bangkai pesawat US-Bangla Airways yang jatuh dekat lapangan sepak bola di Bandara Kathmandu, Nepal, Senin (12/3), kecelakaan diduga terjadi karena pilot bingung soal landasan pacu untuk mendarat.

Otoritas penerbangan menemukan perekam data dari reruntuhan pesawat yang menewaskan 49 orang. Suara pilot dan petugas kontrol lalu lintas udara membicarakan ujung landasan pacu tunggal Bandara Kathmandu yang akan didekati pesawat.

Petugas kontrol lalu lintas udara awalnya terdengar memberikan arahan jelas untuk mendarat dari selatan. "Anda akan menuju landasan pacu 20," kata pengendali beberapa detik kemudian yang mengacu ke ujung utara.

Serangkaian pesan membingungkan menyusul sesaat sebelum kecelakaan dengan pilot menyatakan mereka akan mendarat di 'landasan pacu 20' lalu 'landasan pacu 02'. "Ada kebingungan besar dari lalu lintas udara seperti landasan pesawat yang sebenarnya ingin mendarat," kata Pakar Penerbangan yang berbasis di Inggris, Andrew Blackie, yang meninjau rekaman itu.

Chief Executive Maskapai Penerbangan US-Bangla Airways, Imran Asif, mengungkapkan ada 'deru menara kendali' saat pesawat mendekati landasan pacu tunggal bandara. (AFP/Ire/M-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More