Nyepi tanpa Jaringan Internet

Penulis: (OL/Ant/N-2) Pada: Rabu, 14 Mar 2018, 02:00 WIB Nusantara
Nyepi tanpa Jaringan Internet

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

TIDAK hanya listrik dan kegiatan warga yang berhenti total pada perayaan Nyepi di Bali. Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menyetujui pemutusan total jaringan internet pada hari yang sama selama 24 jam. “Kementerian akhirnya menyetujui usulan pemutusan total jaringan internet selama Nyepi. Usulan itu merupakan seruan bersama Majelis Agama dan Keagamaan di Bali, yang diterbitkan 15 Februari lalu,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Bali, I Nyoman Sujaya, Selasa (13/3).

Seruan Bersama itu ditandatangani para pemuka agama Hindu, Buddha, dan Katolik, kapolda, serta Gubernur Bali. Dia mengatakan sebelum pengajuan surat ke Jakarta, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan semua operator seluler di Bali, Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia, dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Pertemuan menyepakati jaringan internet yang mati saat Nyepi ialah untuk smartphone atau Android.

Sementara itu, internet untuk pelayanan publik yang berkaitan dengan keamanan, kesehatan, kebencanaan, dan bandara tetap hidup, termasuk dengan e-Gov Provinsi Bali. Kementerian Komunikasi dan Informatika, lanjut Sujaya, akan membuat surat edaran untuk tiap-tiap operator, termasuk asosia­sinya untuk menindaklanjuti seruan bersama majelis keagamaan di Bali. Untuk jaringan wi-fi di rumah-rumah, keputusannya masih dikaji. Penghentian internet dipastikan memberikan dampak positif saat Nyepi.

Menjelang Nyepi, sejumlah kapal pesiar mancanegara akan singgah di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali. Kapal-kapal itu akan mengangkut ribuan penumpang. “Kedatangan kapal pesiar mancanegara menjadi salah satu indikator tingkat kepercayaan internasional terhadap pariwisata Bali sudah mulai pulih setelah erupsi Gunung Agung,” kata General Manager PT Pelindo III Cabang Benoa, I Wayan Eka Saputra. (OL/Ant/N-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More