Gunung Agung masih Mengembuskan Abu Vulkanis

Penulis: (RS/RZ/RF/AS/N-2) Pada: Rabu, 14 Mar 2018, 01:45 WIB Nusantara
Gunung Agung masih Mengembuskan Abu Vulkanis

ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

ERUPSI Gunung Agung belum berhenti. Malam tadi, gunung yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali, itu, kembali mengembuskan asap dan abu vulkanis setinggi 800 meter. “Kejadiannya singkat saja 2 menitan dan asapnya tidak terlalu tebal,” ujar Kepala Bidang Mitigasi, Pusat Vulkanologi, dan Mitigasi Bencana Geologi, Gede Suantika, Selasa (13/3)

Setelah itu, sejak pagi hingga sore kemarin, Gunung Agung kembali tenang. Sampai saat ini status gunung itu tetap siaga atau level III. Menurut Suantika, aktivitas vulkanis yang terjadi di Gunung Agung juga dipengaruhi gempa tektonik yang terjadi di sejumlah daerah, seperti di Lombok dan Sumba. Ia mengakui perkembangan selanjutnya sulit diprediksi. Ancaman bencana berupa pergerakan tanah dilaporkan rawan terjadi di 5 desa di Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kelima desa itu ialah Cianting, Panyindangan, Cijantung, Sukajaya, dan Desa Pasirmunjul.

“Lima desa itu memiliki karakteristik tanah labil dan sering longsor. Jenis tanahnya lempung yang saat terkena panas akan seperti pasir dan saat hujan mudah terbawa arus air,” kata Camat Sukatani, Panji Sarjiman. Ia mengakui Kecamatan Sukatani termasuk zona merah, kawasan yang rawan bencana alam. “Kami selalu mengimbau para kepala desa tetap siaga.”

Di Bangka Belitung, Kepala BPBD Mikron Antariksa mengaku sudah menginvetarisasi kerusakan akibat banjir, yang terjadi akhir pekan lalu. Kerusakan terjadi pada jembatan, jalan nasional, dan jalan provinsi. “Kami perkirakan kerugian akibat banjir mencapai puluhan miliar rupiah. Untuk pastinya, kami masih menunggu perhitungan dari dinas pekerjaan umum,” tuturnya.

Ia mengimbau warga yang berada di kawasan rawan banjir, seperti Bangka Barat, Bangka Tengah, Pangkalpinang, dan Belitung Timur, tetap waspada. “Hujan lebat masih berpotensi terjadi.” Kemarin, ratusan pedagang kaki lima di bantaran Sungai Kanal Banjir Timur Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai membongkar kios mereka. Dalam waktu dekat Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana akan melakukan normalisasi sungai guna mencegah banjir. (RS/RZ/RF/AS/N-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More