Kementerian Agama Laminasi Naskah Kuno di Pamekasan

Penulis: (MG/TS/N-2) Pada: Rabu, 14 Mar 2018, 01:16 WIB Nusantara
Kementerian Agama Laminasi Naskah Kuno di Pamekasan

ANTARA FOTO/Saiful Bahri

PERPUSTAKAAN Nasional Kementerian Agama melakukan upaya penyelamatan naskah kuno dengan cara laminasi di Perpustakaan Raden Umro Ponpes Azzubair, Sumberanyar, Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Jawa Timur. Laminasi dilakukan dengan menggunakan tisu khusus yang ditempel di permukaan naskah.

“Langkah terakhir ialah melakukan penjilidan ulang dan menyalin ke format buku elektronik. Penjilidan dilakukan dengan membuat sampul baru dengan tidak menghilangkan sampul asli sehingga keaslian naskah kuno itu tetap terpelihara,” kata Koordinator Preservasi Perpustakaan Nasional Kemenag, Haris Riyadi, selasa (13/3)

Ada sekitar 133 kitab yang terdiri atas 520 naskah yang masuk program tersebut. Kitab kuno itu, semuanya menggunakan kertas daluwang dan kertas eropa dengan tulisan tangan dan berusia di atas 500 tahun. Di Temanggung, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah kembali melakukan ekskavasi Situs Liyangan di Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo. Ekskavasi dilakukan sejak Senin (12/3) hingga satu bulan ke depan. (MG/TS/N-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More