Chelsea Waspadai Ancaman si Kutu di Nou Camp

Penulis: Satria Sakti Utama Pada: Selasa, 13 Mar 2018, 23:46 WIB Sepak Bola
Chelsea Waspadai Ancaman si Kutu  di Nou Camp

AFP PHOTO / Glyn KIRK

MEGABINTANG Barcelona Lionel Messi diprediksi menjadi faktor pembeda saat melakoni laga kedua melawan Chelsea pada babak 16 besar Liga Champions Eropa, dini hari nanti. Apalagi, kapten timnas Argentina itu tengah dalam psike dan fisik yang sangat baik jelang laga yang digelar di Nou Camp tersebut.

Messi baru saja dikarunia anak ketiga pekan lalu yang bukan tidak mungkin melipatgandakan motivasinya. Sementara itu, secara fisik Messi mendapatkan waktu istirahat yang cukup setelah absen di pertandingan sebelumnya melawan Malaga pada pentas La Liga Spanyol.
Skuat asuhan Antonio Conte membutuhkan usaha ekstra untuk menghentikan Messi kali ini. Apalagi, pada pertemuan pertama, peraih penghargaan FIFA Ballon d’Or sebanyak lima kali ini berhasil melepas kutukan dari the Blues julukan Chelsea.

Messi tercatat tidak pernah mampu menjebol gawang klub asal London tersebut dalam delapan duel terakhir. Namun, catatan buruk itu berakhir berkat satu golnya pada leg pertama di Stamford Bridge pada pertengahan Februari lalu sekaligus menutup laga dengan skor 1-1.
Gelandang Chelsea yang juga mantan pemain Barcelona Cesc Fabregas tidak menutup mata akan ancaman La Pulga (si Kutu)--julukan Messi. Ia pun menilai, membatasi pergerakan Messi merupakan satu-satunya jalan untuk membuat Barcelona tidak berkutik.
“Jika saya bermain, kami berada di area yang berdekatan. Meng­hentikannya akan sulit, tapi saya akan melakukan apa pun sehingga dia (Messi) tidak merasa bermain dengan nyaman,” beber gelandang timnas Spanyol itu.

Memori lawas
Chelsea diprediksi menduplikasi memori enam tahun lalu untuk kembali menyingkirkan Blaugrana. Kala itu Frank Lampard dkk berhasil menahan imbang Barcelona dengan skor 2-2 pada leg kedua babak semifinal Liga Champions 2011/2012 di Nou Camp. Hasil itu membuat Chelsea lolos ke partai puncak sekaligus unggul agregat 3-2.

Permainan serangan balik tipikal Conte diprediksi kembali menghiasi lapangan hijau. Skema 3-4-2-1 yang dapat bertransformasi menjadi lima bek sejajar di garis pertahanan akan diterapkan Conte. Fabregas dan N’Golo Kante akan bertugas sebagai perusak ritme serangan tim lawan di lini kedua. Sementara itu, armada serangan diisi Alvaro Morata, Willian, dan Eden Hazard.

Di lain pihak, Barcelona akan melakukan hal sebaliknya. Formasi menyerang akan disiapkan dengan Messi dan Luis Suarez sebagai ujung tombak. Entrenador Ernesto Valverde juga akan menurunkan kembali winger Ousmane Dembele yang tampil gemilang di pertandingan sebelumnya. Dembele akan mengisi posisi sayap kanan.

Tugas pengatur serangan akan berada di tangan duet Andres Iniesta dan Ivan Rakitic. Kombinasi keduanya akan semakin berwarna dengan campur tangan gelandang jangkar Sergio Busquets. Selain itu, pergerakan bek sayap Jordi Alba dan Sergi Roberto menjadi opsi lain menusuk jantung pertahanan Chelsea.

Valverde berharap ramuan yang dipersiapkannya manjur untuk menaklukkan tim tamu. Ia pun berharap anak didiknya mampu mencetak gol pertama yang dinilainya sangat krusial. (Marca/Metro/R-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More