KONI Survei Kelayakan Kalsel jadi Tuan Rumah PON

Penulis: Denny S Pada: Selasa, 13 Mar 2018, 18:21 WIB Olahraga
KONI Survei Kelayakan Kalsel jadi Tuan Rumah PON

Dok. MI

KOMITE Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mulai melakukan survei kelayakan sejumlah daerah untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Tim verifikasi KONI melakukan survei di tiga wilayah yaitu Provinsi Aceh dan Sumatra Utara, Bali dan Nusa Tenggara Tengah, serta Kalimantan Selatan.

Ketua Tim Verifikasi PON XXI wilayah Kalsel, Mayjen TNI (Purn) Suwarno mengatakan semua provinsi yang mencalonkan diri menjadi tuan rumah PON XXI memiliki peluang yang sama.

"Semua daerah yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah PON XXI memiliki peluang sama," ujarnya saat acara silaturrahmi bersama Pemprov dan KONI Kalsel, Selasa (13/3).

Lebih jauh dikatakannya pula, perlu sinergi dan dukungan antara KONI provinsi dan kabupaten/kota agar pelaksanaan tuan rumah PON dapat berjalan lancar.

Verifikasi dimulai dari kesiapan atau kelayakan tempat penyelenggara (venue) cabang olahraga serta tempat penginapan untuk para kontingen seluruh provinsi. Termasuk kualitas venue apakah memadai atau perlu direnovasi.

Tim verifikasi penyelenggara PON XXI KONI pusat berjumlah 15 orang dan akan melakukan survei pada tanggal 11-15 Maret 2018.

Pemprov Kalsel sudah mempersiapkan venue 42 cabang olahraga yang dilombakan pada PON XXI 2024. Jika terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON di Kalsel melibatkan 7 kabupaten/kota meliputi Kota Banjarmasin ada 18 venue, Kota Banjarbaru 11 venue, Kabupaten Banjar 11 venue, Tapin 1 venue, Hulu Sungai Tengah 3 venue, Tanah Bumbu 2 venue dan Kotabaru 1 venue.

Plh Sekdaprov Kalsel, Siswansyah Pemprov Kalsel telah menganggarkan biaya untuk pembangunan sport center dalam rangka kesiapan menjadi tuan rumah PON XXI. Sport center akan dibangun pada lahan seluas 300 hektare yang tahapan dimulai sejak 2017. Diperkirakan biaya pembangunan sport center sebesar Rp1,4 triliun. (OL-4)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More