Empat Penjabat Bupati di Jatim Dilantik Menutupi Kekosongan

Penulis: Faishol Taselan Pada: Selasa, 13 Mar 2018, 16:47 WIB Politik dan Hukum
Empat Penjabat Bupati di Jatim Dilantik Menutupi Kekosongan

Ilustrasi

EMPAT Penjabat (Pj) Bupati di Jawa Timur (Jatim), Selasa (13/3), resmi dilantik oleh Gubernur Jatim Soekarwo. Mereka menggantikan sementara Bupati definitif yang ikut ajang dalam pemilihan bupati serentak 27 Juni mendatang.

Mereka yang dilantik ialah Pj Bupati Bojonegoro dijabat Suprianto, Pj Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh, Pj Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo dan Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto.

"Mereka sudah aktif sejak dilantik. Secepatnya mereka bertugas karena banyak aganeda Pilkada menanti," kata Gubernur Jatim Soekarwo di di Gedung Grahadi, Surabaya, Selasa (13/3).

Menurutnya, Pj Bupati memiliki kewajiban untuk melaksanakan tugas sebagai kepala daerah dengan sebaik-baiknya. Tugas-tugas tersebut di antaranya, berkomunikasi dengan seluruh unsur Forkopimda, dan menyukseskan penyelenggaraan pilkada. Selain itu, Pj Bupati juga bertugas menjaga netralitas ASN, dan menjaga kondusifitas di wilayahnya.

Sebagai langkah awal, para Pj Bupati diharapkan mengambil inisiatif untuk segera bersilaturahmi dan berkomunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan, baik Forkopimda, DPRD, TNI, Polisi, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

"Pj Bupati mempunyai tugas penyelenggaranan pemerintahan di kabupaten masing-masing. Saya tegaskan kembali, tugas Pj sebagai penyelenggaraan pemerintahan. Jadi bukan hanya memerintah dan pemerintah. Oleh karena itu, agar Pj menjalin komunikasi khususnya DPRD. Sebab pemerintahan daerah adalah legislatif dan eksekutif," tambah Soekarwo.

Ditegaskan Soekarwo, para Pj agar juga menjalankan program lainya yang telah berjalan dan bersentuhan langsung dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, yakni pendidikan, kesehatan, dan pelayanan publik.

Terkait penggantian atau mutasi pejabat di wilayahnya, Soekarwo mengatakan pergantian tersebut dilarang kecuali mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri.

"Ingat, jika disetujui seratus, ya seratus yang diganti. Jangan lebih, jika lebih, akan dibatalkan." Katanya.

Keempat daerah yang kini dipimpin Pj Bupati tersebut bersama 9 kabupaten dan kota lainnya akan menggelar pilkada serentak pada tanggal 27 Juni 2018. Di Jatim, jumlah keseluruhan pilkada sebanyak 13 kabupaten dan 5 kota, plus pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. (OL-4)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More