KPK Tolak Menunda Penetapan Tersangka

Penulis: Christian Dior Simbolon Pada: Selasa, 13 Mar 2018, 16:31 WIB Politik dan Hukum
KPK Tolak Menunda Penetapan Tersangka

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

WAKIL Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang berkukuh pihaknya menolak menunda pengumuman penetapan tersangka baru kasus korupsi dari kalangan peserta Pilkada 2018.

Menurut Saut, proses hukum terhadap pelaku korupsi bakal jalan terus selama KPK memiliki bukti-bukti yang cukup.

"Kalau bisa kita buktikan ada peristiwa pidana ya prosesnya lanjut (ke penyidikan)," ujar Saut saat dihubungi Media Indonesia di Jakarta, Selasa (13/3).

Seperti diberitakan, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto kembali meminta KPK menunda pengumuman tersangka baru kasus korupsi dari kalangan peserta Pilkada 2018. Menurut Wiranto, penundaan diperlukan untuk menjaga agar pilkada berjalan lancar dan aman.

Menurut Saut, akan lebih elegan jika pemerintah menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) untuk mengganti peserta pilkada yang tersangkut kasus pidana ketimbang memaksa KPK menunda pengumuman tersangka.

"Daripada malah menghentikan proses hukum yang memiliki bukti yang cukup dan ada peristiwa pidananya. Yang begitu itu tidak baik buat angka indeks persepsi korupsi Indonesia yang masih jalan di tempat," imbuhnya.

Namun demikian, Saut mengatakan, KPK siap memenuhi undangan Wiranto untuk membahas maraknya peserta pilkada yang tersangkut kasus korupsi.

"Ya maulah. Pak Wiranto orangnya baik kok. Senyumnya saja saya suka melihatnya," kelakar Saut. (OL-4)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More