Polisi Tangkap Pelaku Peretas Ratusan Situs

Penulis: Akmal Fauzi Pada: Selasa, 13 Mar 2018, 13:01 WIB Megapolitan
Polisi Tangkap Pelaku Peretas Ratusan Situs

Ilustrasi

SUB Direktorat IV Cyber Crime Direktorar Kriminal Khusus Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Federal Bureau of Investigation (FBI) menangkap pelaku tindak pidana siber yang telah meretas 600 situs daring di dalam dan luar negeri.

"Iya benar telah ditangkap dua tersangka inisial KPS dan NA yang berafiliasi dalam suatu kelompok yang dinamakan SBH," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, Selasa (13/3)

Tersangka KPS yang merupakan pendiri SBH beralamat di Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya. Sedangkan untuk NA yang merupakan anggota SBH beralamatkan di Gubeng Surabaya.

"Ada dua tersangka yang diamankan dari enam target tersangka," ujarnya.

Dari hasil penyelidikan awal, para tersangka berhasil meretas lebih dari 600 website atau sistem elektronik, baik di dalam ataupun di luar negeri.

Sedangkan, motif yang digunakan oleh tersangka adalah meminta sejumlah uang melalui pembayaran akun PayPal dan Bitcoin

"Alasan mereka sebagai biaya jasa," ujarnya.

Dalam hal ini, polisi kumpulan barang bukti dua tersangka berupa HP, laptop, dan modem. Atas tindak pidana yang dilakukan oleh dua tersangka tersebut, mereka terancam pasal berlapis.

"Pasal 30 Juncto 46 dan atau Pasal 29 Juncto 45B dan atau 32 Juncto Pasal 48 UU RI No.19 Tahun 2016 tentang perubahan UU No 11 Tahun 2008 tentang ITE dan atau pasal 3, 4, dan 5 UU RI No 8 Tahun 2010 tentang Tndak Pidana Pencucian Uang," ujarnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More