Panwaslu Badung Surati Bupati soal Pilgub

Penulis: MI Pada: Selasa, 13 Mar 2018, 09:04 WIB Politik dan Hukum
Panwaslu Badung Surati Bupati soal Pilgub

Twitter.com @PanwasluBadung

PANWASLU Kabupaten Badung, Bali, kemarin telah menyurati Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta agar tahapan kampanye Pilgub Bali 2018 berjalan lebih tertib.

“Semoga dijadikan pedoman bersama dalam mendorong dan mewujudkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang profesional, berintegritas, demokratis, jurdil, tertib, aman, dan damai,” ungkap Ketua Panitia Panwaslu Kabupaten Badung, I Ketut Alit Astasoma.

Panwaslu Badung antara lain menyodorkan empat pasal dalam Undang-Undang No 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU No 1 Tahun 2015 yang harus diperhatikan secara serius oleh bupati

Di sisi lain, Ketua Bawaslu Provinsi Bali I Ketut Rudia mengatakan sesungguhnya pasal-pasal yang disodorkan dalam surat tersebut sudah sering disampaikan dalam berbagai kesempatan.

“Potensi pelanggarannya jika terjadi selain pidana juga berakibat pada paslon, bila terbukti melakukan perbuatan mo­ney politics secara tersistem, bisa dianulir sebagai paslon berdasarkan putusan Bawaslu Bali. Ini sering kami sampaikan dalam pertemuan-pertemuan di KPU Bali,” ucap Rudia.

Tentang 62 kepala desa se-Kabupaten Badung yang juga ikut disurati, Rudia mengatakan hal tersebut merupakan upaya Panwaslu Badung agar kepala desa sebagai aparat yang seharusnya netral tidak melakukan pelanggaran pemilu.

Politik uang
Kendati Polres Pangkalpinang, Bangka Belitung, telah menetapkan calon Wakil Wali Kota Pangkalpinang berinisial I sebagai tersangka dugaan politik uang, Panwaslu setempat kemarin ­menegaskan akan tetap mengawal proses kasus itu.

“Apa yang kami lakukan sesuai tugas dan fungsi sebagai pengawas pelaksana pemilu,” ungkap Ketua Panwaslu Pangkalpinang, Ida Kumala.

Dalam dugaan kasus politik uang bagi-bagi token listrik tersebut, Ida menjelaskan, sebelum berkas dilimpahkan ke penyidik Polres Pangkalpinang, terlebih dahulu tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) mengadakan rapat.

“Kami mengimbau para paslon beserta tim mereka untuk mengikuti aturan kampanye,” tegasnya. (OL/RF/X-11)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More