Cara Ganjar Pranowo Tangani Kelangkaan Pupuk

Penulis: AS/P-1 Pada: Selasa, 13 Mar 2018, 08:01 WIB Politik dan Hukum
Cara Ganjar Pranowo Tangani Kelangkaan Pupuk

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

KEMARIN siang, Pasar Kalimas, Kabupaten Pemalang, tiba-tiba ramai dan hiruk pikuk ketika calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendatangi pasar rakyat tersebut.

Kedatangan Ganjar Pranowo pun mendapat sambutan hangat dari pengunjung dan pedagang pasar. Mereka berebut untuk dapat bersalaman dan meminta berswafoto bersama calon gubernur nomor urut 1 yang diusung PDIP, Golkar, PPP, NasDem, Hanura, dan Demokrat itu.

Tidak hanya untuk bersalaman dan berswafoto, kehadiran Ganjar juga dimanfaatkan para pedagang dan pengunjung pasar guna menyampaikan curahan hati. Seperti yang dilakukan Suratmi, perempuan setengah baya yang juga seorang petani jagung di Pemalang.

"Kami bingung, Pak, karena kami sulit mencari pupuk," kata Suratmi.

Mendapat keluhan sulit mendapat pupuk dari ibu petani jagung itu, Ganjar secara spontan langsung mengajak Suratmi untuk bersama mencari di pengecer terdekat di desanya. "Ayo ke sana biar aku boncengkan ibu dengan sepeda motor," kata Ganjar yang langsung mengambil alih kemudi.

Tanpa menunggu waktu lama, Ganjar langsung menjalankan sepeda motor menyusuri jalan di Pemalang. Sekitar 5 kilometer perjalanan ditempuh, akhirnya sampai di sebuah kios pengecer pupuk bernama Mulyana Tani milik Roimah.

"Pupuk untuk petani sawah tidak masalah, Pak. Namun, yang menjadi masalah ialah untuk petani jagung karena usulan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) belum ada,'' kata Roimah.

Mendengar permasalahan yang diha-dapi seperti pupuk urea cuma turun 90% dari RDKK, SP-36 malah hanya sekitar 48% sehingga jauh lebih kecil dari RDKK, Ganjar langsung menghubungi Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Dari suara telepon yang terdengar, Amran menjanjikan menambah suplai pupuk di Jateng dengan menghubungi pimpinan pabrik pupuk. Apalagi pupuk untuk petani jagung belum ada jatahnya.

"Besok pupuk sudah datang dan Ibu bisa segera membeli pupuk di kios terdekat," kata Ganjar yang disambut sukacita para petani.(AS/P-1)

#PILKADA

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More