1881: Tsar Alexander II Dibunuh

Penulis: Administrator Pada: Selasa, 13 Mar 2018, 08:40 WIB Humaniora
1881:  Tsar Alexander II Dibunuh

wikipedia

TSAR Alexander II yang menjadi pemimpin Rusia sejak 1855 terbunuh di jalan Kota St Petersburg akibat bom yang dilemparkan anggota kelompok revolusioner bernama Kehendak Rakyat.

Organisasi ini didirikan pada 1879 dengan tujuan menggulingkan sistem kerajaan di Rusia. Kelompok ini sebelumnya telah melakukan pembunuhan terhadap pejabat kerajaan dan beberapa kali melakukan percobaan pembunuhan terhadap Tsar Alexander II.

Sebagai raja, Alexander II banyak melakukan reformasi untuk meliberalisasi dan memodernisasi Rusia, termasuk pembebasan budak pada 1861. Namun, ketika kekuasaannya ditentang, Tsar Alexander II berubah menjadi represif dan dengan keras menentang gerakan re formasi politik.

Ironisnya, pada hari ketika Alexander II dibunuh, dia telah menandatangani UU pendirian dua komisi legislatif yang terdiri atas wakil-wakil rakyat yang dipilih secara tidak langsung. Pengganti Alexander II ialah anaknya, Alexander III.

Raja baru itu membatalkan UU tersebut serta menghukum gantung para pembunuh ayahnya. Perjuangan rakyat Rusia untuk menggulingkan kerajaan berhasil pada 1917.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More