1781: Herschel Temukan Uranus

Penulis: Administrator Pada: Selasa, 13 Mar 2018, 08:30 WIB Humaniora
1781:  Herschel Temukan Uranus

wikipedia

ASTRONOM Inggris kelahiran Jerman, William Herschel, berhasil menemukan Planet Uranus. Temuan Herschel itu merupakan penemuan planet pertama di era modern dan penemuan pertama yang menggunakan teleskop.

Penggunaan teleskop membuat Herschel bisa mengidentifi kasi Uranus sebagai sebuah planet, bukan bintang, sebagaimana diyakini para astronom sebelumnya. Herschel memberi nama planet ketujuh dari matahari itu dengan nama Georgium Sidus, sebagai penghormatan terhadap Raja George III dari Inggris.

Kemudian, Johann Bode, astronom Jerman, mengusulkan nama ‘Uranus’ yang berasal dari nama dewa Yunani kuno. Planet Uranus, seperti juga Jupiter dan Saturnus, ialah sebuah bola gas raksasa yang terdiri atas hidrogen, helium, dan metana.

Uranus ialah planet terbesar ketiga dalam tata surya dan mengorbit setiap 84 tahun. Pada Januari 1986, pesawat tanpa awak milik AS, yaitu Voyager 2, mengunjungi planet itu dan menemukan 10 bulan tambahan dari 5 bulan yang sebelumnya telah ditemukan.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More