1992: Mauritius Menjadi Republik

Penulis: Administrator Pada: Senin, 12 Mar 2018, 07:49 WIB Humaniora
1992: Mauritius Menjadi Republik

WIKIPEDIA

REPUBLIK Mauritius adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudra Hindia, sekitar 900 kilometer sebelah timur Madagaskar. Selain Pulau Mauritius, negara ini juga mencakup Kepulauan Cargados Carajos, Rodrigues, dan Kepulauan Agalega.

Pulau Mauritius ditemukan bangsa Portugal pada 1505. Pulau ini pertama kali dijajah Belanda pada 1638. Belanda menamakannya 'Mauritius' demi mengenang Pangeran Maurice dari Nassau.

Setelah itu, Prancis menguasai pulau tersebut sepanjang abad ke-18. Penguasa baru itu lalu menamainya Ile de France. Mauritius kemudian dikuasai Inggris pada 1810 dan dikembalikan ke nama semula.

Mauritius meraih kemerdekaannya dari Inggris pada 12 Maret 1968. Pada tanggal yang sama, 12 Maret 1992, Mauritius menjadi negara republik. Negara baru itu juga masuk kumpulan persemakmuran.

Mauritius merupakan negara demokrasi yang relatif stabil dengan pemilihan umum reguler dan catatan hak asasi manusia yang baik. Aliran investasi asing ke Mauritus yang cukup banyak menjadikannya salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di Afrika.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More