Cagub Jabar Janji Tingkatkan Investasi

Penulis: BY/P-5 Pada: Senin, 12 Mar 2018, 07:44 WIB Politik dan Hukum
Cagub Jabar Janji Tingkatkan Investasi

Calon Gubernur Jawa Barat Sudrajat -- ANTARA FOTO/Novrian Arbi

CALON Gubernur (Cagub) Jawa Barat, Sudrajat, berjanji akan menambah jumlah investasi di wilayah itu jika dirinya terpilih. Potensi sumber daya yang sangat besar harus menjadi tulang punggung dalam menyejahterakan masyarakat.

Dia menyebut bahwa pertumbuhan investasi di Jawa Barat dalam 10 tahun terakhir sudah baik. Hal ini, kata dia, ditandai dengan selalu tercapainya target investasi dalam setiap tahunnya. "Dalam 10 tahun terakhir, pertumbuhan dalam berbagai sektor telah terjadi dengan baik," katanya di Bandung, kemarin.

Meskipun demikian, dia menilai potensi yang ada di Jawa Barat saat ini belum tergali secara menyeluruh. Padahal, Jabar memiliki modal yang besar untuk menyejahterakan masyarakatnya dengan berbagai keunggulan, terutama yang menyangkut alam.

"Hal yang dibutuhkan investor ada di Jawa Barat. Gunung, pantai, dan sumber daya alam lainnya. Di bagian tengah dan utara terdapat kawasan industri yang sudah terintegrasi. Tinggal kita kelola, tingkatkan, dan manfaatkan peluang yang ada," bebernya.

Oleh karena itu, dia berjanji akan menambah nilai investasi di Jawa Barat dengan mengundang investor. Ini diyakini mampu meningkatkan pembangunan ekonomi di tatar Parahyangan tersebut.

"Banyak megaproyek pembangunan yang sudah dirancang pemerintahan sebelumnya. Pembangunan ini membutuhkan investor dan pertumbuhan ini akan memiliki multiefek perekonomian di daerah," katanya seraya menyebut pihaknya pun akan mempermudah proses perizinan usaha.

Sementara itu, calon gubernur lainnya, Tubagus Hasanuddin, memastikan pihaknya akan melakukan sinergi pembangunan di Jawa Barat dengan program yang digagas pemerintah pusat. Menurutnya, hal ini penting dilakukan jika ingin memaksimalkan pertumbuhan ekonomi di provinsi ini.

"Pembangunan Jawa Barat tidak bisa dipisahkan dari program pembangunan nasional yang saat ini dilaksanakan Presiden Jokowi. Kami akan mengacu ke program pembangunan yang digulirkan Presiden Jokowi," katanya.

Terlebih, menurutnya, Jawa Barat menghadapi banyak persoalan seperti masih banyaknya warga miskin. "Kita masih ketinggalan, jumlah kemiskinan meningkat. Sekarang 1,4 juta keluarga harapan. Ini harus diangkat jadi keluarga yang memiliki kemampuan sama dengan yang lain," tandasnya.

Selain itu, menurutnya, Jawa Barat pun memiliki persoalan pendidikan yang harus segera diselesaikan. Angka rata-rata lama sekolah warga Jabar hanya 7,9 tahun alias hanya sampai kelas 2 SMP.

Tak hanya itu, dia pun menyebut derajat kesehatan masyarakat Jawa Barat masih rendah, yakni hanya di peringkat 10 nasional.(BY/P-5)

#PILKADA

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More