Nyuuuutttt, Sensasinya Beda Deh!

Penulis: (Zuq/X-7) Pada: Minggu, 11 Mar 2018, 06:22 WIB Weekend
Nyuuuutttt, Sensasinya Beda Deh!

DOK. KOMUNITAS GARONGER NUSANTARA

ANGGOTA Garnus rela bermalam-malam berselimut dingin. Mereka rela menyeberang pulau dan menghadapi ombak dengan perahu tradisional. Mereka juga mau berhadapan dengan derasnya hujan dan kencangnya angin malam. Jika itu hanya demi makan ikan, tentulah lebih mudah dan masuk akal membelinya di pasar? Mereka rela melakukan semua itu demi sebuah sensasi strike dengan ikan baronang, terlebih saat melihat tegek sepanjang 4,5 meter-6,3 meter melengkung akibat tarikan ikan. Apalagi, tegek tidak menggunakan reel.

Sensasi tegek dan garong memang menjadikan banyak orang terpikat. Sebabnya, tarikan ikan baronang ukuran telapak tangan bisa saja menyeret pemancing saat strike dengan posisi sejajar dengan ikan. Itu pula yang menjadikan banyak orang bergabung dengan Garnus.

Seperti salah satu anggota Garnus yang tidak mau lagi berpaling dari baronang gara-gara tegek dan garong. Dahulu Jun tidak berkenan untuk memancing jenis ikan lain, tetapi semua berubah semenjak dia mengenal garong. Justru sekarang dia tidak mau lagi memancing ikan lain dengan alat lain. Ia bersetia dengan tegek dan garong.

“Sensasinya sampai kebawa tidur. Lain dari pada yang lain. Getarannya itu terus sama dia pas ngebetot (strike). Nyuuttttt gitu. Enak sensasinya,” terang Jun, 31. Ia mengaku belum begitu lama berkenalan dengan tegek dan garong. Namun, karena sensasi yang ditawarkan begitu berbeda, Jun memilih bersetia dengan tegek. Bahkan, saat ini menjadi salah satu Korwil Garnus.

“Jadi anggota belum sampai dua tahun. Tapi pertama saya nangkring, demennya (sukanya) nangkring, tapi karena spot makin susah nangkring. Orang makin lama semakin banyak. Ikan juga semakin ketengah, jadi mau enggak mau harus ngoyor,” tegasnya.
Untuk sensasi itulah Jun rela ngoyor jauh dari tepi laut. Selama ia merasa bisa ngoyor, ia bakal melakoninya.

“Apalagi pas ngoyor, kenurnya sampai bunyi nyut-nyut gitu,” lanjut Jun sembari memberi gambaran dengan gerakan tangan. Diakui oleh Jun, bahwa saat ini garonger semakin banyak. Hal itu berakibat pada spot memancing menjadi semakin ramai. Artinya, setiap garonger harus berlomba dengan dengan garonger lain untuk mendapatkan sensasi tarikan baronang.

Bahkan, untuk sensasi itu, Jun tidak akan berbagi dengan siapa pun. Ketika strike dengan ikan, hanya ada Jun dan si baronang. Ia tidak akan mengalihtangankan tegek saat ia strike, bahkan kepada temannya sekalipun.
“Kalau situ mau pinjam saya enggak kasih,” ujarnya sembari tertawa. (Zuq/X-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More