Tokoh-Tokoh Nasional Masuk Radar Jokowi

Penulis: MI Pada: Sabtu, 10 Mar 2018, 10:20 WIB Polkam dan HAM
Tokoh-Tokoh Nasional Masuk Radar Jokowi

Dok.MI/Arya Manggala

PARTAI NasDem menyambut dengan tangan terbuka bila Joko Widodo memilih calon wakil presiden dari internal partai koalisi. NasDem pun siap mendukung kalau calon pendamping Jokowi ternyata berasal dari luar partai politik koalisi.

“Kandidat itu berasal dari partai atau dari luar partai tidak menjadi hal penting bagi NasDem,” kata Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate di Kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, kemarin.

Bagi NasDem, kandidat calon wakil presiden yang mendampingi­ Jokowi haruslah putra-putri terbaik Indonesia. Kalau memang akhirnya pilihan jatuh ke tokoh salah satu partai pendukung, tim koalisi pasti akan segera membahas hal tersebut.

“Apabila dari luar kami juga tidak keberatan karena itu yang terbaik untuk Indonesia. Tokoh-tokoh yang muncul kan putra-putra Indonesia, ada yang sudah muncul ke publik, ada yang belum muncul ke publik,” imbuh Plate.

Sebelumnya, Plate menyebut Presiden Joko Widodo sudah mengan­tongi nama calon pendamping pada Pilpres 2019. “Calon ada di kisaran 10 orang kurang, (dalam) daftar panjangnya,” kata Johnny di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (8/3).

Plate menambahkan pengumuman calon kandidat pendamping Jokowi masih menunggu waktu yang tepat. “Ketua umum NasDem Surya Paloh sudah menyampaikan kepada publik. Kita harus tunggu momen yang tepat,” lanjut dia.

Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno membenarkan Presiden Jokowi telah mengantongi daftar panjang, daftar pendek, dan daftar prioritas calon wakil presiden yang bakal mendampinginya di Pilpres 2019. Nama-nama itu dijaring dan diseleksi oleh tim internal yang dibentuk Presiden.

“Tokoh-tokoh nasional pasti masuk radar. Hanya siapa-siapa yang masuk long-list, short-list, yang priority-list, saya belum tahu. Yang saya dengar 20 nama masuk long-list. Yang short-list mungkin 10 nama,” beber Hendrawan.

Ketua Bidang Kehormatan PDIP Komaruddin Watubun mengatakan dari 20 nama daftar panjang calon wakil presiden Jokowi, kemungkinan ada nama-nama yang selama ini beredar.

“Saya kira semua mungkin, politik itu kan bicara kemungkinan. Ada Gatot (Gatot Nurmantyo), AHY juga bisa masuk nama-nama itu. Bisa Mahfud MD, Moeldoko, Tito Karnavian, dan Budi Gunawan,” tutur Komarudin. (MTVN/P-4)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More