Bawaslu Tolak Gugatan 3 Parpol

Penulis: Put/P-2 Pada: Jumat, 09 Mar 2018, 10:12 WIB Politik dan Hukum
Bawaslu Tolak Gugatan 3 Parpol

ANTARA FOTO/Reno Esnir

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) menolak gugatan tiga partai politik terkait surat keputusan KPU tentang penetapan partai peserta Pemilu 2019.

Tiga partai politik yang menjadi pemohon dalam gugatan tersebut ialah Partai Bhinneka Indonesia (PBI), Partai Republik, serta Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI).

"Memutuskan menolak eksepsi pemohon untuk seluruhnya. Demikian diputuskan dalam rapat pleno dan dibacakan kepada para pihak secara terbuka," ujar Ketua Bawaslu Abhan dalam sidang ajudikasi penyelesaian sengketa proses pemilu yang digelar di Gedung Bawaslu, Jakarta, kemarin.

Menurut anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar gugatan ketiga partai tersebut ditolak karena tidak memenuhi syarat administrasi sebagaimana telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Untuk menjadi peserta pemilu, partai harus melewati proses tahapan pemeriksaan administrasi dan verifikasi faktual. Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan, ketiga partai tidak memenuhi kelengkapan persyaratan administrasi yang ditetapkan, sehingga tidak dilakukan verifikasi faktual terhadap partai," jelas dia.

Fritz menambahkan ketiga partai itu juga gagal menjadi peserta Pemilu 2019 karena tidak lolos pada syarat kepengurusan di sejumlah kabupaten dan kota.

Sebelumnya, Partai Bhinneka Indonesia (PBI), Partai Republik, serta Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI) menggugat KPU yang telah mengeluarkan keputusan Nomor 58 Tahun 2017, yang menyatakan ketiga partai itu tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2019.

Partai Islam Damai dan Aman (Idaman) juga menggugat KPU. Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama mendaftarkan gugat-an terhadap keputusan KPU No 58 Tahun 2017, yang menyatakan Partai Idaman tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2019 ke PTUN Jakarta.

"Kami optimistis karena berkas-berkas di PTUN sudah sangat akurat dan valid. Memang seharusnya mereka meloloskan," ujar Rhoma.

Menurut dia, Partai Idaman semestinya diloloskan untuk rakyat yang meletakkan harapannya pada partai itu.

Terkait partai lain yang juga tidak lolos peserta Pemilu 2019, Rhoma mengatakan hal itu kembali ke keputusan setiap partai untuk melakukan gugatan atau tidak.(Put/P-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More