1945: Serangan Pengeboman Kota Tokyo

Penulis: Administrator Pada: Jumat, 09 Mar 2018, 09:07 WIB Humaniora
1945:  Serangan Pengeboman Kota Tokyo

PINTEREST

PESAWAT pengebom Amerika dengan bom jenis baru menyerang Jepang pada 9 Maret 1945. Pesawat-pesawat itu menjatuhkan 2.000 ton bom di Kota Tokyo selama 48 jam. Pengeboman itu menewaskan sekitar 130 ribu penduduk Jepang. Peristiwa itu menjadi pengeboman terburuk yang tercatat dalam sejarah.

Bom cluster dijatuhkan di daerah Shitamachi, Tokyo. Shitamachi ialah daerah yang terdiri atas 750 ribu penduduk, bangunan terdiri atas kayu-kayu. Pengeboman itu mengakibatkan Kota Tokyo terbakar hebat, termasuk pabrik-pabrik yang menghasilkan bahan prefabrikasi untuk bahan pabrik pesawat Jepang. Pada 10 Maret, 334 pesawat pengebom Superfortress B-29 menjatuhkan bom-bom itu dari ketinggian 500 meter, membuat api unggun raksasa yang tertiup angin dan api menyebar ke seluruh Kota Tokyo.

Warga sipil Jepang panik dan takut bergegas untuk melarikan diri dari ledakan itu. Setelah pengeboman itu, darah dan bau mayat yang terbakar membuat pilot pengebom mengambil masker oksigen untuk menjaga dari muntah akibat bau tersebut. Pihak Amerika hanya kehilangan 243 penerbang.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More