RI Tegaskan Siap Bantu Repatriasi Rohingya

Penulis: Administrator Pada: Jumat, 09 Mar 2018, 08:46 WIB Internasional
RI Tegaskan Siap Bantu Repatriasi Rohingya

Dok. MI/Arya Manggala

MENTERI luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menegaskan Indonesia siap membantu proses relokasi etnik Rohingya ke Myanmar meski hal itu masih dalam perundingan antara pemerintah Myanmar dan Bangladesh. Selain itu, Indonesia terus berkomunikasi secara intensif dengan International Committee of the Red Cross (ICRC) untuk membahas pemenuhan akses kemanusiaan terhadap etnik Rohingya.

"Sejak awal Indonesia sudah menyampaikan kesiapan untuk membantu pemerintah Myanmar dalam proses relokasi etnik Rohingya, misalnya dalam penyediaan penampungan (shelter)," kata Retno di sela acara Regional Conference on Humanitarian Access and Negotiation in Asia, di Jakarta, kemarin.

Sebelumnya, Asisten Sekretaris Jenderal PBB untuk Hak Asasi Manusia (HAM) Andrew Gilmour menilai relokasi etnik Rohingya ke Myanmar belum akan terjadi dalam waktu dekat walaupun Myanmar berjanji untuk membuka pintu untuk para pengungsi. Retno melanjutkan saat ini pengungsi Rohingya masih membutuhkan banyak bantuan, terutama makanan dan obat-obatan.

Indonesia sejauh ini sudah melibatkan ICRC dalam pembicaraan terkait kondisi Rohingya dengan Aung San Suu Kyi sebagai pemimpin de facto Myanmar. (Arv/I-4)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More