Anies Tolak Buka kembali Jalan Jatibaru

Penulis: (Nic/J-3) Pada: Jumat, 09 Mar 2018, 07:16 WIB Megapolitan
Anies Tolak Buka kembali Jalan Jatibaru

MI/Pius Erlangga

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menilai tidak ada urgensi untuk membuka kembali Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pernyataan itu menanggapi ancaman somasi dari perwakilan sopir angkot M08 Tanah Abang-Kota jika Anies tidak membuka kembali Jalan Jatibaru Raya dalam waktu lima hari, terhitung sejak Rabu (7/3).

"Artinya kalau (Jalan Jatibaru Raya) harus dibuka, itu karena urgensi apa gitu yang membedakan jika dibandingkan dengan bulan lalu. Sekarang kan enggak ada yang beda," kata Anies di Balai Kota, kemarin.

Dia menilai membuka jalan itu belum tentu menjadi solusi yang bisa menyelesaikan masalah di Tanah Abang. "Ini bukan sekadar buka-tutup, ini solusi yang lengkap, jadi jangan sampai sekadar kita, oh buka oh tutup, bukan. Yang penting adalah solusi untuk keseluruhan di Tanah Abang dan sampai dengan hari ini kita belum lihat ada sesuatu yang berbeda sebetulnya," tambah dia.

Sebelumnya, Abdul Rosyid, sopir angkot M08, datang ke Balai Kota menyampaikan surat kepada Anies soal somasi. Rosyid menilai solusi OK-Otrip yang ditawarkan kepada sopir angkot pun masih mentah.

Anies menilai pihaknya lebih baik membicarakan teknis OK-Otrip ketimbang memikirkan opsi membuka kembali Jalan Jatibaru Raya. "Kalau masalahnya di OK Otrip, kita bicarakan OK Otrip-nya. Itu yang saya maksud tadi. Bila masih ada masalah, ya kita bicarakan masalahnya, tapi bukan kemudian semata-mata membatalkan semuanya. Saya berharap ini jangan dijadikan sebagai wacana politik," kata Anies.

Bukan PKL Jatibaru
Pemprov DKI berencana merelokasi sejumlah pedagang kaki lima (PKL) ke lahan di samping Hotel Pharmin, Jatibaru, Tanah Abang. Namun, berbeda dengan pemberitaan sebelumnya, relokasi itu hanya mencakup PKL Blok G Tanah Abang, bukan PKL yang me-nempati badan Jalan Jatibaru Raya.

"Itu saja (TPS) buat Blok G saja enggak muat karena banyak," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Perdagangan DKI Jakarta Irwandi, kemarin. Ada sekitar 2.000 pedagang di Blok G. Kapasitas TPS diperkirakan muat untuk sekitar 1.500 pedagang Blok G. Adapun jumlah PKL di Jatibaru ada sekitar 400. "Kalau skybridge sudah jadi, kan tidak ada (PKL) yang di bawah lagi," kata Irwandi.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More