Tidak Ada Ampun bagi Polantas Pungli

Penulis: (Mal/J-1) Pada: Jumat, 09 Mar 2018, 06:00 WIB Megapolitan
Tidak Ada Ampun bagi Polantas Pungli

Dok MI

DIREKTUR Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Halim Pagarra menyesalkan tindakan anak buahnya yang melakukan pungutan liar terhadap pengendara sepeda motor saat penindakan.

Menurutnya, setiap anggota yang menindak pengendara yang melanggar dengan memberikan surat tilang akan menerima insentif Rp10 ribu per lembar. Jumlah surat tilang yang dikeluarkan jajaran Polda Metro Jaya sekitar 2.000 lembar per hari.

Berdasarkan angka tersebut, setidaknya anggota yang mengenakan tilang kepada pengendara mendapat insentif dengan total Rp20 juta per hari. "Karena itu, saya minta semua anggota tak lagi memungut uang kepada pengendara yang ditilang," papar Halim, Kamis (8/3).

Penyesalan Halim terkait dengan dugaan pungli yang dilakukan dua anggota polisi lalu lintas yang meminta uang Rp150 ribu kepada pengendara sepeda motor agar dibebaskan dari penilangan. Aksi pungli itu direkam pelanggar dan viral di media sosial.

Halim juga mengingatkan petugas di lapangan tidak mencari-cari kesalahan pengendara. "Rezeki telah diatur Tuhan, di mana pun kita berada. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menginginkan polisi profesional, modern, dan tepercaya. Untuk itu, tidak ada ampun bagi polisi yang melakukan pungli," tandasnya.

Propam Polda Metro Jaya telah memeriksa Aiptu SA dan Aiptu MA yang terekam berdebat dengan pengendara dan meminta uang. Dalam re-kaman itu mereka mengenakan seragam berlogo Polda Metro Jaya.

Pelanggar dibonceng menggunakan motor anggota. Satu anggota lagi mengendarai motor bermuatan gulungan kain milik pelanggar. Dalam video itu pemilik motor tidak terima dimintai uang dan mendapat umpatan dari kedua polisi dengan sebutan tidak pantas.

Setelah diperiksa Propam Polda Metro Jaya, Aiptu SA dan Aiptu MA langsung dimutasi menjadi staf di tempat pelayanan masyarakat. "Iya mereka sudah distafkan," imbuh Kepala Satuan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Barat AKB Sudarmanto.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More