Bisa Untung Gunakan Kartu Kredit

Penulis: Ghani Nurcahyadi Pada: Jumat, 09 Mar 2018, 00:01 WIB Katalog Belanja
Bisa Untung Gunakan Kartu Kredit

thinkstock

KEHADIRAN platform perdagangan elektronik (e-commerce) sedikit demi sedikit mulai mengubah kebiasaan konsumen dalam berbelanja. Di sisi lain, kehadirannnya pun menimbulkan berbagai metode pembayaran yang terus berkembang hingga mulai menyentuh dompet digital (e-wallet).

Meski demikian, cara pembayaran secara tradisional tetap menempati urutan tertinggi, umumnya ialah transfer antarbank atau transaksi melalui kartu kredit. Head of Financial Transaction Bukalapak Destya Pradityo mengatakan salah satu cara termudah dalam melakukan transaksi di e-commerce ialah melalui kartu kredit. Kartu kredit di platform yang telah menempati level unicorn itu pun menjadi bagian dari tiga besar metode pembayaran saat ini. Keuntungan yang didapatkan melalui penggunaan kartu kredit menurut Destya ialah nasabah kartu bisa menggunakan promo yang diberikan penerbit kartu kredit dalam pembayaran.

"Biasanya memang banyak promo yang ditawarkan oleh penerbit kartu bisa dimanfaatkan oleh nasabah dalam bertransaksi di platform kami dari bisa dicicil dengan bunga 0% sampai promo lainnya," kata Destya di Jakarta, Selasa (6/3).
Brand Manager Shopee Indonesia, Rezky Yanuar, mengakui penggunaan kartu kredit dalam bertransaksi di platform daring lebih mudah dalam prosesnya jika dibandingkan dengan transfer antarbank atau metode pembayaran lain. Meski demikian, penetrasi kartu kredit yang belum besar di Indonesia, juga memengaruhi pola cara pembayaran.

"Di platform kami yang sudah menjangkau seluruh Indonesia, tranfer antarbank memang masih menjadi yang tertinggi. Tapi harus diakui bahwa transaksi kartu kredit lebih praktis dalam berbelanja daring. Tapi, karena jumlahnya sebanding dengan penetrasi kartu kredit yang juga belum besar di Indonesia," katanya.

Sementara itu, Senior Vice President of Marketing Blibli, I Gusti Ayu Fadjar, mengatakan transaksi melalui kartu kredit meski dipengaruhi penetrasi yang belum cukup besar, sudah menjadi salah satu metode pembayaran terfavorit. Di Platform milik Grup Djarum itu pun, transaksi kartu kredit terus menunjukkan pertumbuhan. "Pengguna kartu kredit biasanya tidak dikenakan biaya tambahan dalam bertransaksi. Saya rasa ini yang membuat penggunaan kartu kredit jadi salah satu metode pembayaran teratas," katanya.

Lebih aman
Head Of Cards and Loan Citibank Indonesia Ramon Del Rosario mengatakan, transaksi melalui kartu kredit sebenarnya memiliki tingkat keamanan yang tinggi di platform e-commerce. Ia mencontohkan adanya teknologi 3D secure dan one time pin (OTP) di kartu kredit Citibank saat bertransaksi di e-commerce.

Upaya untuk meningkatkan transaksi melalui kartu kredit pun dilakukan Citibank dengan menjali kerja sama dengan lima platform e-commerce, yaitu Bukalapak, Shopee, Blibli, Tokopedia, dan Lazada dengan meluncurkan promo 50% next transaction mulai 1 Maret hingga 30 April. "Kami menyadari transaksi melalui e-commerce menjadi salah satu segmen perdagangan tercepat di Indonesia. Kerja sama ini merupakan cara kami untuk memberikan nilai tambah bagi pengguna kartu kredit Citibank di Indonesia. Ini juga cara kami meningkatkan elektronifikasi pembayaran di Indonesia," kata Del Rosario di Jakarta, Selasa (6/3). (S-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More