Industri Aneka Pangan Belum Dapatkan Bahan Baku Garam Impor

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Kamis, 08 Mar 2018, 18:17 WIB Ekonomi
Industri Aneka Pangan Belum Dapatkan Bahan Baku Garam Impor

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

ASOSIASI Industri Pengguna Garam Indonesia (AIPGI) mengungkapkan saat ini industri aneka pangan tengah dalam masa kritis karena kekurangan bahan baku garam.

Sekretaris Jenderal AIPGI Cucu Sutara mengatakan industri aneka pangan, saat ini, sama sekali belum mendapatkan rekomendasi ataupun izin impor garam dari pemerintah, padahal kebutuhan sudah sangat mendesak.

"Kami telah mengajukan rekomendasi dan izin namun hingga saat ini belum mendapatkan respon positif dari pemerintah. Nanti kalau sudah menjerit baru bergerak. Itu akan terlambat," ujar Cucu kepada Media Indonesia, Kamis (8/3).

Ia mengatakan, setiap tahun industri aneka pangan membutuhkan garam sekitar 500 ribu ton sebagai bahan baku pembuatan mi instan dan produk pangan lainnya. Pada tahun lalu, impor yang dilaksanakan pun sekitar 400 ribu ton.

Cucu mengaku tidak memahami cara berpikir pemerintah yang kerap mempersulit impor bahan baku komoditas berorientasi ekspor.

"Industri aneka pangan menyumbang devisa besar bagi negara, tetapi kami tidak mendapatkan perhatian. Kalau sudah begini dampaknya pasti akan besar, industri bisa sulit bahkan bisa jadi akan ada pemangkasan tenaga kerja karena kami tidak bisa memproduksi dan menghasilkan barang untuk dijual," jelasnya.

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perdagangan, sedianya telah mengeluarkan izin impor garam sebesar 2,37 juta ton pada akhir Januari lalu. Tetapi, seluruh garam tersebut hanya ditujukan untuk industri chlor alkali plant (CAP) yang mengolah garam untuk memenuhi permintaan industri kertas dan petrokimia.

Sementara, masih banyak industri lainnya, seperti farmasi, kosmetik, aneka pangan, pengasinan ikan, penyamakan kulit, pakan ternak, pengeboran minyak, tekstil, serta industri sabun dan detergen yang juga membutuhkan garam industri sebagai bahan baku produksi.

Industri-industri itu setidaknya memerlukan pasokan garam industri sebesar 1,3 juta ton sehingga total seluruh kebutuhan garam industri di Tanah Air mencapai 3,7 juta ton. (OL-6)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More