Diusulkan, Kios di Trotoar Jl Sudirman - Thamrin Seperti Booth di Luar Negeri

Penulis: Selamat Saragih Pada: Kamis, 08 Mar 2018, 17:13 WIB Megapolitan
Diusulkan, Kios di Trotoar Jl Sudirman - Thamrin Seperti Booth di Luar Negeri

Dok Mi

KEPALA Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Perdagangan DKI Jakarta, Irwandi, mengusulkan agar kios-kios yang rencananya ada di atas trotoar Jl Sudirman dan Jl MH Thamrin dibuat sebagus mungkin.

"Kami ingin bikin booth-nya kayak di luar negeri, bikin booth yang bagus," ujar Irwandi, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (8/3).

Irwandi menunjukan foto-foto contoh berbentuk booth yang bisa ditiru menjadi kios di trotoar Sudirman-Thamrin. Kios yang dia tunjukan berbentuk truk yang bisa dipindah-pindahkan.

Irwandi menandaskan, konsep food truck ini belum final dan baru sebatas usulan.

Terkait produk yang dijual pada kios-kios itu, lanjut Irwandi, pihaknya masih menunggu arahan. Jika diperbolehkan menjual makanan dan minuman, Irwandi akan mencari pengusaha UKM yang menjual makanan.

"Misalnya kebab ya kan zaman now-lah, zaman keren. Kayak di luar negeri kan keren-keren kiosnya," lanjutnya.

Selain makanan dan minuman, kios-kios itu bisa digunakan untuk berjualan produk lain seperti koran dan majalah.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pernah mengatakan, kios itu akan digunakan untuk menjual barang yang relevan dengan pejalan kaki seperti kartu bus Transjakarta.

Di sisi lain, koalisi pejalan kaki meminta Pemprov DKI supaya meninjau ulang rencana membangun kios di atas trotoar Jl Sudirman - Jl MH Thamrin.

Karena itu, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengatakan, ada kualifikasi yang harus dipenuhi pengusaha UKM jika ingin mengisi kios di atas trotoar Sudirman-Thamrin. Salah satunya, mereka harus memiliki laporan keuangan yang baik dan patuh membayar pajak.

"Ada laporan keuangan yang bisa dipertanggungjawabkan dan mereka juga menjadi pembayar pajak yang patuh," kata Sandi, Kamis (8/3). (OL-6)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More