Ruangguru Bantu Kebutuhan Belajar Murid Indonesia

Penulis: M Taufan SP Bustan Pada: Kamis, 08 Mar 2018, 13:40 WIB Inspirasi
Ruangguru Bantu Kebutuhan Belajar Murid Indonesia

MI/M TAUFAN SP BUSTAN

SETELAH hadir sebagai aplikasi belajar, Ruangguru.com berhasil membantu kebutuhan belajar anak didik mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia. Pelbagai konten belajar untuk mengatasi kesulitan belajar sesuai dengan kurikulum nasional yang dirancang khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman tersedia di start-up yang dipimpin anak muda terbaik Tanah Air ini.

Di negara ini, Ruangguru.com telah menjadi perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dengan jumlah karyawan 400-an orang lebih.

Sejak dibentuk pada 2014 silam, Ruangguru.com telah memiliki lebih dari 7 juta pengguna (murid) serta telah mengelola lebih dari 150 ribu guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Ruangguru.com berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui sistem manajemen belajar (LMS).

Kepada jurnalis Media Indonesia, Co-Founder and Chief of Product Ruangguru.com Muhammad Iman Usman memaparkan bagaimana kisah suksesnya mendirikan aplikasi penyedia guru privat secara daring ini.

Menurutnya, itu berawal dari kegelisahan ia bersama rekannya yang juga Co-Founder and Chief of Product Ruangguru.com Adamas Belva Devara saat mencari guru privat secara daring.

Saat itu, Iman dan Belva hendak mempersiapkan tes yang akan mereka hadapi agar lulus melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat. Karena ingin mencari yang sesuai dengan kebutuhan tesnya, Iman kemudian berselancar di Google mencari guru privat. Di tengah pencariannya, Iman dan Belva sadar bahwa belum begitu banyak penyedia guru privat secara daring di Indonesia. Karena menyadari bahwa itu ialah peluang karena pasarnya tidak begitu efisien, sementara peminatnya banyak, hati mereka berdua pun tergerak untuk menciptakan sesuatu yang bisa memenuhi kebutuhan belajar anak-anak didik.

Dari hasil riset panjang dan mendalam, mereka pun mengetahui ada jutaan anak di Tanah Air yang masih bersekolah di setiap satuan pendidikan dan pasti membutuhkan guru privat. Setelah keduanya melihat itu, minat mereka untuk mendirikan sebuah situs untuk menyediakan guru privat secara daring semakin besar.

"Kami sadar bahwa ada pasar yang luas untuk kami jamah, olehnya kami mendirikan Ruangguru.com," aku pria kelahiran Padang, 21 Desember 1991 ini di kantor Ruangguru.com yang terletak di bilangan Jalan Tebet Dalam Raya, Kelurahan Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Senin Februari 2018.

Karena tidak mau menyia-nyiakan kesempatan itu, Iman bersama Belva kemudian mendirikan Ruangguru.com melalui kos-kosan mereka setelah lulus dan melanjutkan sekolah di AS. "Jadi, memulai itu dari kontrakan kami saat masih di USA 2014 lalu. Kami mulai di USA dan pasarnya untuk Indonesia," terangnya.

Mantan Duta Muda ASEAN untuk Indonesia ini mengaku ada banyak gagasan yang kemudian mendorong mereka untuk mendirikan Ruangguru.com selain kebutuhan dasarnya. Salah satunya bagaimana marketplace yang mereka bangun dapat menjembatani pencarian antara siswa dan siswi bersama guru privat.

Iman menyebutkan guru yang disediakan Ruangguru.com merupakan hasil dari seleksi ketat. Karena itu, tidak mengherankan guru-guru itu ahli pada bidang pelajaran masing-masing. Ruangguru.com pun menyediakan dua model guru, pertama guru yang sifatnya hanya ada di marketplace. Misalnya ada pengguna yang ingin mencari guru sesuai dengan kebutuhan mereka, tinggal masuk ke aplikasi Ruangguru.com lalu melihat profil dari guru-guru yang telah disediakan.

Guru di aplikasi itu pun gratis memublikasi diri. Guru dapat memiliki profil yang ditampilkan dengan lengkap di website. Profil guru juga ditampilkan jika murid mencari guru dengan kualifikasi, tarif, dan lokasi yang sesuai dengan profil guru itu. Profil guru akan terlihat menarik dengan adanya testimonial dan rating dari murid yang telah menjadi pengguna.

Selain itu, guru di Ruangguru.com ditawarkan untuk menentukan sendiri tarif mengajarnya, jika memiliki rating yang cukup tinggi, tidak mengherankan guru tersebut dapat penghasilan hingga jutaan rupiah per bulannya.

Iman memaparkan, sampai saat ini Ruangguru.com juga telah mengembangkan pasarnya hingga ke sejumlah provinsi yang ada di Indonesia. Tidak mengherankan kurang lebih 326 pemerintah kabupaten dan kota yang ada di provinsi itu telah bekerja sama dengan ruang guru.

Tidak lepas dari tujuan utama Ruangguru.com, dari kerja sama itu Iman menawarkan sejumlah program, seperti ruang belajar, digital bootcamp, ruang les, ruang les daring, ruang uji, dan ruang kelas.

Mantapkan kualitas
Meski baru berumur kurang lebih empat tahun, Ruangguru.com juga terus mempermantap kualitasnya. Apa lagi start-up di bidang ini pasti akan lebih banyak lagi bermunculan.

Jadi, untuk tetap eksis, peraih penghargaan Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Indonesia pada 2012 itu pun mengatakan Ruangguru.com akan terus bermotivasi sehingga menciptakan hal-hal baru demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Iman pun melihat sejauh ini, memang belum banyak start-up serupa Ruangguru.com bermunculan. Namun, itu tidak menutup kemungkinan akan banyak nantinya berdiri. Ia melihat, jika terjadi, itu akan lebih bagus karena persoalan pendidikan cukup besar. Ruangguru.com sendiri menilai hadirnya para pemain baru yang mendirikan start-up seperti ini akan lebih baik.

"Kami tidak melihat mereka akan menjadi saingan. Ini suatu langkah yang lebih maju dalam menumbuhkan ekosistem yang intinya bertujuan untuk memajukan dunia pendidikan kita. Jadi, lebih banyak muncul akan lebih baik. Nantinya pun kami bisa bersinergi dari satu start-up ke start-up lainnya yang fokus bergerak di bidang pendidikan," paparnya.

Iman yang menyelesaikan pascasarjana di Columbia University New York, Amerika Serikat, dengan beasiswa penuh sebagai raidy scholar ini tidak menutupi saat diminta bercerita soal modal awal yang ia keluarkan saat mendirikan Ruangguru.com bersama Belva. Menurutnya, pada awal pembentukan itu, ia patungan modal bersama Belva. Sampai kemudian melihat perusahaan yang mereka dirikan sudah bisa dikembangkan dengan cepat, baru mereka mencari investor. "Berawal dari pakai uang pribadi sampai kemudian kami mencari sendiri sejumlah investor yang ingin membantu mengembangkan Ruangguru.com. Dari pencarian itulah kami menemukan investor, seperti Venturra Capital, East Ventures, dan beberapa investor lainnya," akunya.

Dukungan dari investasi itu akan digunakan Ruangguru.com untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sumber daya manusia serta diversifikasi layanan. "Ini momentum yang bagus untuk makin mengukuhkan posisi kami sebagai perusahaan pendidikan terbesar di Indonesia."

Sejauh ini pengguna Ruangguru.com sudah hampir merata di seluruh penjuru Nusantara. Pelbagai penghargaan pun telah dicapai Ruangguru.com, baik dalam dan luar negeri. Ruangguru.com pun telah berpenghasilan miliaran rupiah dan ditargetkan bisa menjadi unicorn di tahun ini. (M-2)

BIODATA

Nama: Muhammad Iman Usman
Tempat, tanggal lahir: Padang, Sumatra Barat, 21 Desember 1991
Pendidikan
- SMA Negeri 1 Padang (2006-2009)
- Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Indonesia (2009-2013)
- Jurusan International Education Development Columbia University, New York (2013-2014)

Prestasi dan organisasi
Sekretaris Jenderal Forum Anak Daerah Sumatra Barat
Pendiri Komunitas Anak Kritis Indonesia, 2007
Pertukaran pelajar AFS-JENESYS ke Jepang pada 2007
Pemimpin Muda Indonesia, oleh Presiden Republik Indonesia dan Unicef Indonesia, 2008
Pemenang Youth Achiever Recognition Award (bersama 9 orang lainnya)
Salah seorang pendiri dan Presiden Indonesian Future Leader, 2009
Penerima beasiswa penuh Winter Course Program, Study of US for Student Leaders on Religious Pluralism di Amerika Serikat.
Juara I Microsoft Bloggership Competition, 2011
Penerima Global Teen Leaders oleh We are Family Foundation 2011 di New York, Amerika Serikat
Duta Muda ASEAN Indonesia pada 2011
ASEAN Youth Award 2011 di Singapura
Penggagas Direktur Program Parlemen Muda Indonesia
Mahasiswa Berprestasi Nasional 2012
Penerima nominasi Kick Andy Heroes 2011
Mahasiswa Berprestasi Utama Tingkat Nasional 2012
Penerima Riady Scholar 2013
Global Laureate Education Fellow di Amerika Serikat pada 2015
UNICEF Young Innovator to Watch pada 2015
Co Founder dan CPO Ruangguru.com

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More