1957: Terusan Suez Dibuka

Penulis: Administrator Pada: Kamis, 08 Mar 2018, 08:33 WIB Humaniora
1957:  Terusan Suez Dibuka

wikipedia

TERUSAN Suez kembali dibuka setelah tentara Israel mundur dari wilayah itu. Setelah pertempuran Mesir-Israel itu, terusan Suez dipenuhi puing-puing bekas perang dalam krisis Suez sehingga butuh waktu berminggu-minggu untuk pembersihan kanal tersebut.

Terusan Suez yang menghubungkan Laut Mediteranian dan Laut Merah melintasi Mesir selesai dibangun insinyur Prancis pada 1869. Terusan itu sangat penting bagi negara-negara Eropa sebagai jalur murah pelayaran kapal minyak dari Timur Tengah ke Eropa, selama 88 tahun kemudian terusan itu sebagian besar di bawah kontrol Prancis dan Inggris.

Pada Juli 1956, Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser menasionalisasi Terusan Suez. Kemudian, Israel merespons dengan menyerang terusan itu pada Oktober, disusul Inggris dan Prancis yang mendarat pada awal November. PBB mendesak pergi negara-negara itu. Inggris dan Prancis mundur pada Desember, disusul Israel yang pergi pada Maret 1957.

Pada Maret 1957, Mesir mengontrol penuh Terusan Suez dan membuka kembali jalur komersial pelayaran internasional. Sepuluh tahun kemudian, Mesir menutup kembali terusan itu akibat Israel mengambil wilayah Semenanjung Sinai, perang itu disebut Six Day War. Terusan itu tertutup selama delapan tahun dan kembali dibuka setelah terjadi perdamaian dengan Israel.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More