1942: Belanda Menyerah di Jawa

Penulis: Administrator Pada: Kamis, 08 Mar 2018, 08:23 WIB Humaniora
1942:  Belanda Menyerah di Jawa

wikipedia

BELANDA akhirnya menyerah kepada Jepang di Pulau Jawa setelah melakukan perlawanan selama dua bulan. Belanda menduduki Pulau Jawa sejak 1596 dan membentuk Verenigde Oostindische Compagnie (VOC), perusahaan perdagangan dengan pusat di Batavia (sekarang Jakarta).

Belanda kemudian mengendalikan lahan-lahan pertanian untuk kemudian hasilnya dibawa ke tanah mereka. Namun, pada awal 1942, Jepang mendeklarasikan perang terhadap pemerintah Belanda. Perlawanan Jepang dimulai di Kalimantan dan Pulau Celebes.

Sebulan berikutnya, Sumatra menjadi sasaran berikutnya dan pulau tersebut dapat direbut Jepang walau Belanda dibantu pasukan Inggris dan Australia. Setelah menyerah total pada Maret 1942 terhadap Jepang, Belanda kembali mencoba merebut Jawa setelah kemerdekaan Indonesia pada 1945.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More