Gempa Susulan Tewaskan 18 Orang

Penulis: Administrator Pada: Kamis, 08 Mar 2018, 08:03 WIB Internasional
Gempa Susulan Tewaskan 18 Orang

AFP

SEDIKITNYA 18 orang tewas akibat gempa berkekuatan 6,7 pada skala Richter (SR) yang melanda pegunungan Southern Highlands di Papua Nugini, kemarin pagi.

Getaran yang berlangsung tidak lama setelah tengah malam itu mengguncang area yang berjarak sekitar 31 km arah barat daya dari pusat gempa beberapa waktu lalu yang berkekuatan 7,5 SR.

Seperti diketahui, gempa 7,5 SR tersebut meluluhlantakkan sejumlah desa dan menyebabkan tanah longsor pada Senin (5/3) serta menewaskan setidaknya 55 orang.

Menurut pejabat setempat, gempa itu merupakan yang terparah dari serangkaian gempa susulan yang mengguncang daerah kaya sumber energi berjarak sekitar 600 km arah barat laut ibu kota Port Moresby.

Hal itu mempersulit upaya penyaluran bantuan kepada hampir 150 ribu warga yang terkena dampak gempa. "Saya baru saja menerima laporan bahwa 18 orang tewas semalam," kata William Bando, administrator di Provinsi Hela.

Dari laporan yang masuk, lanjutnya, daerah Hides merupakan yang paling parah terkena dampak gempa.

"Kami belum mendengar tentang korban potensial di sana, tapi daerah itu merupakan desa besar dengan jumlah penduduk banyak," terangnya.

Sementara itu, media lokal pada Selasa (6/3) melaporkan jumlah korban tewas akibat gempa awal meningkat menjadi 75 orang.

Secara terpisah, juru bicara di Pusat Bencana Nasional Papua Nugini kemarin mengatakan pihak berwenang belum mengakhiri laporan korban gempa. (Ant/I-4)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More