Permen Karet dan Daur Ulang

Penulis: BBC/Arv/X-5 Pada: Rabu, 07 Mar 2018, 07:03 WIB Humaniora
Permen Karet dan Daur Ulang

Duta

PERANCANG Inggris Anna Bullus kini sedang dalam misi mendaur ulang permen karet menjadi benda yang berguna, sekaligus dapat membersihkan jalanan dari sampah benda tersebut.

Sekitar 10 tahun lalu, ia memulai proyek sambil melihat sampah di tepi sungai. Dia memeriksa sampel acak, seperti puntung rokok dan permen karet, dengan mencari tahu elemen mana yang bisa didaur ulang. Ia menemukan racikan utama permen karet biasanya ialah karet sintetis, sejenis polimer yang mirip plastik. Jadi, benda itu tentu bisa diolah menjadi barang.

Menurut data, lebih dari 14 miliar dihabiskan untuk permen karet di seluruh dunia setiap tahunnya. Sisa permen itu kemudian dibuang dan menjadi jenis sampah jalanan kedua yang paling umum setelah rokok.(BBC/Arv/X-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More