1973: Pemimpin Demokratis Pertama Bangladesh Terpilih

Penulis: Administrator Pada: Rabu, 07 Mar 2018, 09:00 WIB Humaniora
1973:  Pemimpin Demokratis Pertama Bangladesh Terpilih

wikipedia

SHEIK Mujib Rahman, pemimpin gerakan kemerdekaan Bangladesh dan perdana menteri pertama Bangladesh, menang telak dalam pemilihan umum pertama di negara itu.

Pada akhir pemerintahan Inggris di India pada 1947, Pakistan Timur dinyatakan sebagai milik Pakistan di barat meskipun faktanya kedua daerah dipisahkan lebih dari 1.000 mil wilayah India.

Meskipun kedua wilayah Pakistan itu beragama Islam, ada perbedaan budaya dan ras yang signifikan. Pada Maret 1971, negara merdeka dari Bangladesh dan pasukan Pakistan Barat dipanggil untuk menekan pemberontakan.

Diperkirakan, 1 juta penduduk Bengali kelompok etnik terbesar di Bangladesh dibunuh pasukan Pakistan selama beberapa bulan ke depan, sedangkan lebih dari 10 juta penduduk berlindung di India.

Pada Desember 1971, India, yang telah memberikan bantuan klandestin besar untuk gerakan kemerdekaan Pakistan Timur, melancarkan invasi besar-besaran untuk menduduki wilayah Pakistan Barat.

Beberapa pekan kemudian, Sheikh Mujib dibebaskan dari penjara di Pakistan Barat dan kembali ke Bangladesh untuk menduduki jabatan perdana menteri.

Pada Maret 1973, rakyat Bangladesh menyatakan pemerintahan negara mereka, melalui pemilu yang demokratis pada tahun berikutnya, sepakat mengakui kemerdekaan Bangladesh.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More