5 Gejala Gangguan Makan yang Seringkali Tak Disadari

Penulis: Medcom Pada: Senin, 05 Mar 2018, 16:23 WIB Kesehatan
5 Gejala Gangguan Makan yang Seringkali Tak Disadari

Ilustrasi

GANGGUAN makan atau eating disorder adalah kondisi kompleks yang sulit diatasi, namun harus diupayakan penyembuhannya. Diperkirakan sekitar 30 juta orang di Amerika hidup dengan eating disorder dan menjadi kondisi kesehatan mental paling fatal.

Ada juga kesalahpahaman umum bahwa penyakit ini hanya mempengaruhi wanita muda dan kurus. Padahal, hampir 10 juta pria di Amerika Serikat juga mengalami gangguan ini.

Beberapa gejala eating disorder terlihat nyata. Namun, beberapa tak terdeteksi. Orang dengan eating disorder biasanya memiliki tanda-tanda yang sering tak disadari seperti dilansir dari Reader Digest.

1. Sering membicarakan diet

Sering membicarakan diet atau sangat terobsesi pada diet. Jika orang terdekat Anda terlalu sering membicarakan masalah makanan, atau secara drastis melakukan diet, mungkin ini bisa menjadi salah satu pertanda.

"Diet, berat badan, dan bentuk tubuh adalah sesuatu yang sering dibicarakan dalam percakapan sehari-hari," Dena Cabrera, direktur klinis eksekutif untuk Rosewood Centers for Eating Disorders.

2. Memotong seluruh asupan makanan

Menghilangkan beberapa jenis makanan tidak selalu berarti buruk, terutama jika memang sudah diresepkan oleh dokter. Namun, jika seseorang menghilangkan seluruh jenis makanan tanpa alasan apapun, itu adalah pertanda sesuatu yang lebih serius, ujar Susan Albers, seorang psikolog klinis berlisensi di Cleveland Clinic.

3. Penampilan fisik berubah

Ada efek pada fisik yang terlihat dari seseorang yang mengalami eating disorder selain perubahan berat badan. Kondisi yang terlihat di antaranya adalah kerapuhan kuku, ruam kulit, pengikisan gigi, dan penipisan rambut, jelas Kristin Wilson, wakil direktur Newport Academy, yang mengurusi masalah kesehatan mental.

Seseorang yang hidup dengan eating disorder mungkin juga mudah mengalami memar dan terserang flu.

4. Sering minum obat pencahar

Menurut Carbera, seseorang yang mengalami eating disorder biasa menggunakan obat pencahar atau diuretik secara berlebihan, sebagai cara untuk membuang makanan yang mereka konsumsi. Seseorang dengan eating disorder juga bisa menggunakan pil diet secara berlebihan, tambahnya.

5. Menunjukkan gejala masalah kesehatan mental

Eating disorder biasanya memiliki gejala fisik dan mental secara bersamaan. Dampak dari eating disorder yang tidak diobati bisa mematikan, itulah sebabnya penting bagi seseorang yang mengalami eating disorder untuk mendapat dukungan profesional.

"Mereka bisa memiliki dampak secara medis dan emosional yang serius. Mengidentifikasi masalah eating disorder sedari dini sangat membantu," terang Albers. (DEV/OL-8)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More