Hindari Makan sebelum Yoga

Penulis: Administrator Pada: Minggu, 04 Mar 2018, 06:41 WIB Gaya Urban
Hindari Makan sebelum Yoga

Dok MI

TIDAK jarang peserta yoga, terutama para pemula, merasa pusing dan mual saat melakukan beberapa gerakan atau mereka merasa sakit di bagian tubuh tertentu. Agar tetap aman dan sehat saat beryoga, Dewi menyampaikan sejumlah kiat untuk para peyoga. Mencegah pusing dan mual saat yoga. Peserta disarankan tidak sarapan makanan berat dan minum minuman manis.

Makanan dan minuman manis yang dikonsumsi sebelum latihan yoga. “Cukuplah makan pisang, meminum teh hangat tawar, atau hanya minum air putih saja untuk mencegah pusing dan mual. Setelah yoga, ada baiknya makan setelah pukul 12.00 WIB untuk menjaga tubuh tetap bagus,” papar Dewi.

Penderita darah rendah maupun tinggi. Penderita penyakit hipertensi atau rendah jangan melakukan gerakan-gerakan tertentu. Misalnya, menggunakan tangan dan kepala sebagai tumpuan, dengan mengangkat badan dan kaki di atas (gerakan handstand, shoulder stand, dan headstand. “Jika peserta yoga sudah berumur, saya tidak menganjurkan untuk melakukan pose-pose tertentu yang sulit karena ketahanan otot-ototnya sudah berkurang. Berbeda jika pesertanya masih muda, bolehlah mencoba pose-pose tertentu,” ungkap Dewi. Jangan memaksa gerakan. Dalam beryoga yang terpenting adalah tubuh menjadi nyaman.

Jadi, jangan memaksa tubuh melakukan pose-pose tertentu jika memang belum bisa. Jika rutin berlatih, dengan sendirinya tubuh bisa melakukan berbagai pose. “Penting diperhatikan oleh peserta, yoga bukanlah kompetisi, jadi tidak perlu memaksakan diri agar cepat bisa. Memaksa gerakan akan membuat tubuh tidak nyaman. (TS/X-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More