Spons Cuci Piring Sarang Bakteri Jahat

Penulis: Grt/L-2 Pada: Sabtu, 03 Mar 2018, 00:06 WIB Teknologi
Spons Cuci Piring Sarang Bakteri Jahat

SASIISTOCK

GANTILAH spons cuci piring secara berkala. Peneliti menyarankan untuk mengganti spons setidaknya dua minggu sekali atau sebaiknya seminggu sekali. Dilansir dari Business Insider baru-baru ini, spons cuci piring memiliki rata-rata 5×10^10 atau 5 kali (10 pangkat 10) bakteri dalam satu sentimeter kubik bidangnya.

Spons cuci piring sudah lama terbukti menjadi tempat terbaik bersarangnya bakteri jahat yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Dalam laporan NSF International pada 2011, tim peneliti melakukan eksperimen untuk mengetahui seberapa banyak bakteri koliform dalam peralatan dapur. Bakteri koliform merupakan golongan bakteri intertinal yang hidup dalam saluran pencernaan manusia. Bakteri Escherichia coli juga termasuk dalam golongan ini. Mereka menemukan spons cuci piring ialah benda paling kotor yang punya paling banyak bakteri koliform. Setidaknya 75% dari spons cuci piring terkontaminasi bakteri koliform.

Ada kepercayaan spons dapat bersih kembali jika dicuci atau direbus, faktanya berkata lain. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Nature, jika spons dibersihkan dengan cara direbus, itu justru akan meningkatkan jumlah patogen yang lebih tinggi. Begitu juga jika kita mencucinya. (nationalgeographic/bussines insider/Grt/L-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More