Pelayanan Mengagumkan di RS Polri R Said Sukanto

Penulis: Administrator Pada: Kamis, 01 Mar 2018, 09:10 WIB Surat Pembaca
Pelayanan Mengagumkan di RS Polri R Said Sukanto

ANTARA/Galih Pradipta

SAAT seseorang sakit tentunya ia membutuhkan ketenangan, kenyamanan, serta pelayanan yang baik ketika dirawat di rumah sakit. Hal inilah yang saya rasakan ketika dirawat di RS Polri R Said Sukanto dengan menggunakan kartu BPJS. Kesan yang sangat mendalam ini menggugah saya untuk menuliskan testimoni ini untuk membagikan informasi kepada orang lain. Dengan demikian diharapkan makin banyak lagi pasien yang menggunakan kartu BPJS akan mendapatkan pelayanan yang manusiawi.

Berawal dari diagnosis dokter yang menyebutkan saya harus mendapat tindakan lebih lanjut akibat adanya gangguan pada jantung, saya akhirnya dirujuk untuk berobat di RS Polri R Said Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur. Saat saya melakukan rawat jalan dan dirawat inap di rumah sakit tersebut, saya dibuat takjub dan terharu dengan pelayanan yang diberikan. Betapa tidak! Ketika tiba di rumah sakit tersebut, kami disambut dengan keramahan staf rumah sakit yang siap memberikan kursi roda atau tempat tidur dorong.

Empati itu bertebaran di lobi dengan keramahtamahan para petugas rumah sakit tersebut. Mereka dengan sigap memastikan pasien atau calon pasien dalam kondisi yang baik-baik. Bahkan, saya melihat sendiri bagaimana ketika seorang petugas RS dengan sigap memberikan bantuan ketika pasien anak kecil yang mengalami cedera pada kakinya dibonceng motor di pangkuan ibunya yang menggunakan jas hujan. Petugas tersebut memastikan si pasien aman dibonceng motor di pangkuan ibunya. Dan, yang membuat saya terharu, petugas tersebut berpesan kepada mereka untuk berhati-hati di jalan. Banyak peristiwa lainnya saat itu di lobi yang membuat saya terharu dan sekali lagi menganggumi ketulusan pegawai-pegawai rumah sakit tersebut kepada calon pasien dan pasien yang hendak pulang dari RS.

Keramahtamahan mereka masih berlanjut di loket pendaftaran yang dengan siap membantu dan memandu calon pasien mengisi formulir pendaftaran rawat jalan dan rawat inap. Saya sangat memperhatikan bagaimana petugas-petugas RS ini dengan sangat cekatan membantu calon pasien dan memastikan kenyamanannya.

Ketakjuban saya berlanjut di Poli Jantung. Di ruang tunggu ini menurut saya sangat mewah, nyaman, dan ruangannya sangat dingin, perawatnya pun ramah, santun, dan profesional. Saat itu setelah melakukan cek darah di laboratorium, saya pulang ke rumah.

Saya kembali lagi ke RS Polri untuk tindakan dan saat itu saya harus dirawat inap. Ketika itu, saya memang tidak tenang. Namun, dukungan dokter yang menangani saya membuat saya tenang dan tak terasa tindakan selama 30 menit berlalu dengan cepat.

Alhamdulillah kondisi jantung saya dinyatakan masih baik dan normal, tidak ada penyumbatan dan penyempitan. Hanya kadang spasme yang timbul akibat pembuluh darah yang tidak lancar. Setelah dirawat selama dua hari saya diperbolehkan pulang dan diminta kontrol dua hari berikutnya.

Kesan saya selama empat hari berada di RS Polri R Said Sukanto sangat luar biasa. Saya merasa menjadi manusia yang 'dimanusiakan' sebagai pasien BPJS. Salut dan hormat saya buat pimpinan dan manajemen RS Polri R Said Sukanto atas pelayanan rumah sakit ini kepada para pasiennya, terutama bagi para pasien peserta BPJS. Ucapan terima kasih dan penghargaan kepada dokter, perawat, dan karyawan RS ini atas dedikasi dan pelayanannya yang sangat memuaskan.

Anton Yulianto
Depok

Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: forum@mediaindonesia.com

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More