Penuhi Kebutuhan Kalsium dan Vitamin dengan Cara Praktis

Penulis: Administrator Pada: Rabu, 28 Feb 2018, 07:25 WIB Kesehatan
Penuhi Kebutuhan Kalsium dan Vitamin dengan Cara Praktis

DOK:THINKSTOCKPHOTOS

SEMUA tahapan usia membutuhkan asupan kalsium dan vitamin yang seimbang untuk menunjang kehidupan.

Bila tidak tercukupi, risiko gangguan kesehatan pada tulang dan gigi akan menghantui selama perkembangan tubuh di setiap kalangan usia. Dr Dyan Mega Inderawati, seperti dikutip dari klikdokter. com, menyatakan sebagian besar manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian mereka secara utuh, khususnya bagi remaja perempuan dan wanita dewasa. Pasalnya, kebutuhan kalsium mereka cenderung lebih tinggi.

Dikutip dari Institute of Medicine, jumlah kebutuhan kalsium tergantung usia setiap orang. Di usia batita, kebutuhan kalsium ialah 700 mg per hari. Kebutuhan itu akan meningkat menjadi 1.000 mg per hari saat menginjak usia 4-8 tahun. Di usia remaja (9-18 tahun,) kebutuhan kalsium mencapai 1.300 mg per hari.

Saat menginjak dewasa, kebutuhan kalsium memang sedikit menurun dengan hanya butuh 1.000 mg per
hari. Namun, saat menginjak usia lanjut (50 tahun ke atas), setiap orang membutuhkan kalsium hingga
1.200 mg per hari.

Anak-anak sangat memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Orang dewasa juga membutuhkan kalsium untuk terus-menerus meremajakan sistem tulang dan gigi. Selain itu, pada kondisi khusus seperti saat hamil dan menyusui, kebutuhan akan kalsium meningkat.

“Puncak kepadatan tulang terjadi di usia sekitar 30 tahun. Setelah itu tulang mulai kehilangan kepadatan dan menurun drastis pada wanita saat menopause. Jadi, sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi kalsium yang sesuai,” kata Dyan dalam artikelnya di klikdokter.com.

Kalsium bisa didapat dari sejumlah makanan seperti susu, yoghurt, keju, jus jeruk, sereal, susu kedelai yang telah terfortifikasi kalsium, salmon, sayuran hijau, dan tahu. Bila tidak mendapatkan cukup kalsium, tubuh akan menguras kalsium dari simpanan kalsium yang ada di tangan, kaki, dan tulang panjang lainnya.

Bila kondisi tersebut berlanjut, lama-kelamaan tulang akan kekurangan kalsium sehingga tulang menjadi keropos dan mudah mengalami patah tulang.


Kebutuhan vitamin

Di samping kebutuhan kalsium, setiap orang juga perlu memperhatikan kebutuhan vitamin, khususnya vitamin D yang sangat diperlukan untuk proses penyerapan kalsium bagi tubuh. Vitamin D sebenarnya bisa didapatkan ketika kulit terpapar sinar matahari pagi sehingga mengubah provitamin D di kulit menjadi Vitamin D, namun karena tuntutan hidup diperkotaan paparan sinar matahari pagi menjadi sulit diraih.

Vitamin D juga berguna untuk mencegah penyakit autoimun. Selain itu, vitamin D berguna melindungi tubuh dari flu dan asma. Selain vitamin D, asupan lain yang juga perlu diperhatikan ialah vitamin C. Setiap orang setidaknya membutuhkan 90 mg vitamin C setiap harinya. Sebuah penelitian yang diterbitkan Jurnal Acta Derm Venera mengungkapkan vitamin C juga efektif untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Vitamin C juga memiliki manfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, memulihkan luka, dan
meningkatkan kinerja sistem kekebalan. Kekurangan vitamin C dalam tubuh biasanya menyebabkan kelelahan, masalah gusi, nyeri pada persendian, dan bercak-bercak pada permukaan kulit.

Dr Dyah Novita Anggraini dari klikdokter.com bahkan mengungkapkan, asupan vitamin C yang terpenuhi dapat ikut mencegah kanker karena mengurangi kerusakan sel DNA. Vitamin C juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung dengan memperkuat struktur pembuluh darah dan otot jantung. Selain itu, ikut membantu mengendalikan diabetes.

“Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan struktur sel-sel di dalam tubuh. Antioksidan di dalam vitamin C inilah yang berfungsi sebagai penstabil molekul tersebut sehingga mencegah kerusakan struktur sel,” ujarnya.


Cara sederhana

Menyadari fakta tersebut, PT Kalbe Farma Tbk menghadirkan cara sederhana dan praktis untuk memenuhi kebutuhan kalsium serta vitamin D dan vitamin C melalui Xon-Ce Drink yang merupakan minuman ready to drink (RTD) calcium pertama di Indonesia dengan kombinasi unik vitamin C dan vitamin D yang praktis dan segar.

Jenis kalsium yang digunakan dalam Xon-Ce Drink ialah kalsium laktat-glukonat, jenis kalsium terbaru yang mudah larut dalam air, mudah diserap tubuh, dan tidak menggumpal seperti kalsium lainnya. Kombinasi kalsium, vitamin D, dan vitamin C membantu mengikat kalsium ke dalam tulang lebih baik.

Meminum Xon-Ce Drink dua kali sehari juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Minuman RTD calcium
ini juga semakin aman diminum karena diproses tanpa pemanis buatan, tanpa pewarna buatan, tanpa
pengawet, dan tanpa soda. Xon-Ce Ddrink menggunakan gula tebu sebagai pemanis, pewarna alami betakarotin yang aman bagi tubuh, dan menggunakan teknologi UHT dalam mengemasnya.

Dalam satu kemasan Xon-Ce Drink terdapat 305 mg kalsium yang menjadi tertinggi kandungan kalsiumnya
ketimbang produk lain. Dikemas dalam botol PET 200 ml, Xon-Ce Drink yang dilepas ke pasar dengan harga
Rp5.500 per botol dapat menjadi alternatif sumber kalsium untuk yang tidak terlalu suka minum susu.
(Gnr/S1-25)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More