Penutur Badeshi Tersisa Tiga Orang

Penulis: BBC/Arv/X-7 Pada: Selasa, 27 Feb 2018, 07:41 WIB Humaniora
Penutur Badeshi Tersisa Tiga Orang

Seno

TERNYATA ada bahasa yang hanya digunakan tiga orang di dunia ini, yakni bahasa Badeshi. Bahasa tersebut umumnya digunakan secara luas oleh penduduk di lembah salju terpencil, di Pakistan utara. Namun, bahasa itu sudah terancam punah. Para etnolog mengatakan tidak ada lagi penuturnya, kecuali di Lembah Bishigram. Di situ ditemukan tiga orang tua kira-kira berusia 70-an tahun yang masih bisa berbicara Badeshi. "Satu generasi lalu, Badeshi diucapkan di seluruh desa." kata Rahim Gul.

Namun, kemudian, lanjutnya, mereka membawa perempuan dari desa lain yang berbicara bahasa Torwali untuk dinikahkan. "Anak-anak mereka berbicara dalam bahasa ibu mereka sehingga bahasa kami (bahasa Badeshi) mulai sekarat. Torwali ialah bahasa dominan di daerah itu, yang juga terancam oleh bahasa Pashto.(BBC/Arv/X-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More